Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Jalan Braga, Tempatnya Para Pecinta Kuliner Khas Bandung

Bandung yang saat ini menjadi salah satu tujuan para wisatawan terlebih warga Jawa Barat dan Jakarta memang pantas dijadikan list dalam tempat wisata favorit. Mengingat jarak yang tidak terlalu jauh, boleh dikatakan bahwa Bandung adalah sebuah tempat yang menarik selain pilihan tempat menginap seperti hotel di Bandung. Dengan menawarkan harga murah dan memiliki banyak hal yang kita butuhkan dengan kata lain Bandung adalah kota yang lengkap. Berbagai wisata mulai dari wisata alam, kuliner, wisata belanja hingga wisata sejarah ada di sini.

Setiap akhir pekan bisa dipastikan bahwa Bandung akan menjadi lautan manusia. Factory outlet yang ada di Bandung, sebut saja Daerah Dago, Jalan Riau, Ciampelas, semua dibanjiri oleh pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Tidak hanya datang untuk berbelanja, beberapa wisatawan juga sengaja berkunjung ke Bandung yang memiliki udara sejuk dan dingin untuk refreshing. Beberapa wisata alam yang cukup terkenal adalah Gunung Tangkuban Perahu, Kampung Gajah, hingga Kawah Putih.

Sedangkan bagi Anda yang ingin menikmati sajian kuliner sekaligus mengenang sejarah tempo dulu, maka berjalan-jalan di daerah Braga adalah salah satu kegiatan yang harus Anda lakukan. Tidak perlu diragukan, hampir semua makanan khas Sunda yang ada di Kota Bandung bisa Anda temukan di sini. Makanan makanan ringan hingga makanan yang berharga mahal, serta makanan yang datang dari luar negeri juga bisa Anda jumpai di tempat ini.

Sejarah Jalan Braga

Pada zaman dahulu Jalan Braga ini sangat sepi sehingga dijuluki Jalan Culik. Namun seiring perkembangan, pada zaman Belanda daerah ini mulai dibangun dan diisi dengan beberapa butik yang mendatangkan model-model pakaian dari paris. Tidak hanya itu kemudian dibukalah bar dan pusat-pusat hiburan yang membuat tempat ini semakin terkenal. Namun beberapa sisi negatif yang kemudian muncul diantaranya adalah banyaknya tempat-tempat hiburan yang dipenuhi oleh kembang-kembang malam. Sejak itulah Kota Bandung mulai banyak dikenal sebagai Kota Kembang.

Sekarang daerah Braga merupakan salah satu jalan yang sangat terkenal karena memiliki kemiripan dengan Jalan Malioboro di Yogyakarta.

Ada apa di Braga?

Salah satu kegiatan mingguan di Kota Bandung yang sangat menyita perhatian adalah Braga Cullinary Night. Kegiatan Ini adalah sebuah event mingguan yang menyajikan berbagai jenis macam makanan, minuman serta jajanan yang ada di Kota Bandung.

Jalan ini memiliki panjang sekitar 500 meter dan kemudian dipenuhi oleh berbagai bangunan-bangunan bersejarah yang bisa kita saksikan dan masih utuh dan kokoh hingga saat ini. Jika Anda mencari suasana yang unik, Braga adalah tempatnya. Di pagi hari, suasana akan berbeda dengan siang hari begitu juga sore dan malam hari. Di belakang Jalan Braga, terutama pada Cullinary Night, hampir semua kalangan baik masyarakat lokal wisatawan lokal maupun mancanegara datang dan berkumpul di tempat ini. Tidak heran apabila ribuan orang kemudian memadati Jalan Braga terlebih mulai 18.00 hingga 01.00 WIB.

Rata-rata pedagang yang hadir dan mengikuti event di Braga Culinary Night adalah para pebisnis di Kota Bandung. Di sekitar jalan ini juga bisa kita temui banyak penjaja kerajinan, hasil kesenian, pilihan hotel Bandung dan lain sebagainya.

Akomodasi dan fasilitas di Jalan Braga

Sebagai salah satu jalan yang paling terkenal di Kota Bandung, Braga juga dilengkapi dengan hotel-hotel berbintang dan cukup terkenal seperti Aston Braga Hotel and Residence ,yang beralamat di Jalan Braga no 99-101 Braga City Walk, Bandung, Hotel Gino Feruci Braga yang beralamat di Jalan Braga no 67 Braga Bandung, Hotel Ibis Styles Bandung Braga, serta beberapa hotel lainnya.

Hotel di Bandung Booking Hotel MurahHotel-hotel ini adalah hotel yang memiliki layanan terbaik di sekitaran Braga. Aston Braga Hotel and Residence misalnya, hotel ini merupakan hotel di Bandung dengan bintang 4 yang berlokasi sangat dekat dengan Braga Citywalk dan memiliki 161 kamar mewah. Suasana yang menyenangkan di hotel ini merupakan daya tarik tersendiri terlebih jika Anda datang ke Bandung bersama keluarga, baik untuk urusan bisnis maupun untuk sekadar melancong. Beberapa nama hotel di atas rekomendasi goindonesia.com, dapat Anda masukkan ke daftar hotel pilihan yang mungkin akan Anda singgahi saat ke Bandung, terutama saat berada di daerah Braga.