Kenali Sumber Omega 3 dan Omega 6 untuk Kecerdasan Anak

www.ahyari.net – Kebutuhan lemak tak jenuh pada anak sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang dan kecerdasannya. Senada dengan itu, disampaikan pula oleh ahli gizi kesehatan masyarakat dari Departemen Epidemologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof Dr dr Ratna Djuwita, MPH, salah satu kandungan gizi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak agar optimal adalah asam lemak esensial (lemak tak jenuh ganda) yang dikenal dengan Omega 3 dan Omega 6.

alpukat telur yogurt

Sayangnya Omega 3 dan Omega 6 ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Sehingga, kita perlu mengonsumsi makanan dengan kadungan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Makanan apa saja yang mengandung Omega 3 dan Omega 6? Berikut adalah makanan yang mengandung Omega 3 dan Omega 6 yang baik dikonsumsi:

  • Telur
    Kuning telur mengandung lemak lemk yang sehat. Pada satu buah butir telur, kita bisa mendapatkan 40-250mg asam lemak DHA dan EPA.
  • Alpukat
    Alpukat merupakan salah satu superfood yang sangat baik untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi satu buah alpukat (200gr), dapat memenuhi 25% kebutuhan Omega 3 harian anak. Dengan mengonsumsi Omega 3 dan Omega 6 secara teratur dan dengan porsi seimbang, akan membantu anak dalam berkonsentrasi dan memiliki kemampuan belajar yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang kekurangn nutrisi Omega 3.

    Manfaat alpukat juga bisa diperoleh dengan memadukan alpukat dan Blue Band Serbaguna. Satu sendok makan Blue Band Serbaguna setara dengan 13% kebutuhan Omega 6 dan 28% kebutuhan Omega 3 harian anak. Paduan paling sederhana ialah dengan membuat roti isi alpukat yang anak pasti suka. Jangan lewatkan promo Indomaret untuk setiap pembelian Blue Band Serbaguna yaa

  • Yogurt
    Turunan dari susu ini berbentuk minuman dan merupakan hasil fermentasi yang akhirnya mengandung bakteri baik yang dapat membantu mejaga kesehatan pencernaan. Selain itu yogurt juga mengandung Omega 3 tinggi yang diperlukan oleh anak-anak.
  • Kedelai
    Kedelai yang penuh nutrisi seperti zat besi, protei, kalsium, vitamin K dan asam folat, juga mengandung Omega 3. Olahan kedelai seperti susu kedelai juga dapat menjadi alternatif bagi anak yang alergi susu sapi.  
  • Bayam
    Bayam sudah lama diketahui memiliki kandungan zat besi yang tinggi, ternyata bayam juga mengandung Omega 3 yang baika untuk tumbuh kembang anak.

Nah, itu tadi beberapa pilihan untuk sumber Omega 3 dan Omega 6 yang mudah ditemukan dan baik bagi tumbuh kembang anak.