Kenapa Kita Harus Bangga Memakai Batik?

Ahyari.NetBaju batik memang identik dengan bangsa Indonesia. Tidak hanya dipakai politisi dan pejabat, masyarakat pun pada umumnya memakai batik untuk acara formal dan resmi. Batik identik dengan semangat kebangsaan dan nasionalisme, dengan memakai batik seakan kita menunjukkan rasa cinta dan apresiasi kita pada tanah air.

Kita mungkin masih ingat saat Agnes Monica memicu kontroversi saat memakai rompi batik namun dibalut dalaman tipis dan hot pants. Banyak yang mencerca Agnes karena penampilannya yang terlalu seksi, meski kita tahu motif Agnes sendiri mengenakan rompi berpola batik sebagai bukti kecintaannya pada mode batik yang merupakan warisan tanah air. Atau saat artis Hollywood pun mengenakan setelan batik, terdapat rasa senang dan bangga pada diri kita bahwa batik pun digandrungi oleh para selebriti luar negeri.

Sebenarnya banyak pro kontra tentang baju batik sendiri. Yang pro menganggap batik adalah warisan budaya yang mesti dilestarikan dengan cara mengenakannya. Yang kontra menganggap pemakaian batik tidak sepenuhnya menjadi bukti rasa cinta tanah air, namun hanya sekedar nasionalisme semu belaka. Sehingga untuk beberapa orang yang kontra pada fenomena tren memakai batik pun menganggap cerita Agnes Monica atau Artis Hollywood memakai setelan batik hanyalah sesuatu yang tidak perlu dibesar-besarkan.

Sebagai masyarakat pada umumnya, kita bisa menyikapi hal ini dengan bijak. Memang pro kontra tentang memakai batik timbul karena batik hanya dianggap sebagai simbol belaka, namun tidak ada usaha nyata yang menunjukkan rasa cinta tanah air. Kita mesti mempertanyakan pada diri sendiri, sudahkah kita berkontribusi besar pada negara ini?

Sudahkah kita berbuat banyak untuk melestarikan tanah air dan mengharumkan nama bangsa dengan prestasi kita? Kita boleh saja mengenakan batik sebagai simbol cinta tanah air dan nasionalisme, namun aksi dan kontribusi kita untuk Indonesia juga sangat diperlukan. Setuju?

Ada beberapa alasan mengapa kita harus bangga memakai batik, di antaranya:

  1. Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah ada sejak lama. Dengan memakai batik, kita dapat memperkenalkan dan mempromosikan warisan budaya Indonesia kepada dunia luar.
  2. Batik merupakan produk unggulan Indonesia yang terkenal di dunia. Dengan memakai batik, kita dapat menunjukkan bahwa Indonesia memiliki produk unggulan yang dapat dipercaya.
  3. Batik merupakan produk yang berkualitas tinggi. Batik yang terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi akan tahan lama dan nyaman dipakai.
  4. Batik merupakan pilihan yang berkelas. Dengan memakai batik, kita dapat terlihat elegan dan berkelas.
  5. Batik merupakan pilihan yang ramah lingkungan. Batik yang terbuat dari bahan alami seperti sutera atau katun akan lebih ramah lingkungan daripada produk lain yang terbuat dari bahan sintetis.

Dengan memakai batik, kita dapat menunjukkan bahwa kita bangga akan warisan budaya Indonesia dan menghargai produk unggulan Indonesia yang berkualitas tinggi. Selain itu, memakai batik juga dapat membuat kita terlihat elegan dan ramah lingkungan.

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Produk Kosmetik Terbaik

Ahyari.Net - Menurut seorang teman, BB cream adalah produk kosmetik terbaik yang pernah ada. Terlepas dari apapun merknya, cream yang satu ini mempunyai manfaat yang sangat luar biasa untuk kulit wajah. Dia adalah orang yang paling malas menggunakan bedak....

Obati Bronkitis Tanpa Dokter

Gejala bronkitis paling umum adalah batuk kering dan menyedak tenggorokan selama berhari-hari, kemudian mungkin batuk akan disertai lendir. Anda juga akan mengalami demam rendah dan merasa lelah. Bronkitis akut dapat mulai sekitar 3 sampai 4 hari setelah paru-paru bagian atas terinfeksi. Sebagian orang akan merasa membaik setelah 2 sampai 3 minggu. Namun ada yang masih menderita batuk sampai lebih dari 4 minggu.

iOS Dan Android – Mana Yang Baik Dan Untuk Siapa

Ahyari.Net - Semua orang bisa merasakan panasnya persaingan antara Google dan Apple pada segmentasi smartphone dan tablet. Keduanya semakin gencar menawarkan fitur yang belum pernah ada pada kubu competitor. Seperti yang sering kita dengar bahwa keduanya sering terlibat pertarungan...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!