Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Langkah-Langkah Cuci Tangan Yang Baik

Kesehatan merupakan asset terpenting dalam hidup. Jadi sudah semestinya kita harus menjaganya. Ada beberapa cara agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga yaitu salah satunya adalah dengan mencuci tangan. Tentunya tidak sekedar membasuh tangan namun harus dengan langkah cuci tangan yang baik agar tangan bersih dari bakteri dan kuman.

cuci tangan untuk mencegah flu babi

Saat kita melakukan kegiatan atau memegang benda apapun bakteri dan kuman akan dengan mudah menempel pada tangan kita. Bakteri dan kuman yang menempel tidak bisa dilihat dengan mata telanjang sehingga kita tidak tahu seberapa banyak bakteri dan kuman tersebut dan betapa mudahnya penyakit masuk ke tubuh kita. Tetapi jika kita mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah melakukan atau memegang sesuatu serta mengetahui langkah cuci tangan yang baik kita bisa meminimalkan penyakit yang akan masuk ke tubuh kita.

Berikut ini adalah langkah cuci tangan yang baik :

  1.   Basuh tangan dengan air bersih dan mengalir
  2. Tuangkan beberapa tetes sabun ke telapak tangan.
  3. Gosok-gosokkan telapak tangan. Rekomendasi dari para ahli adalah mencuci tangan selama 15-20 detik sampai seluruh permukaan tangan tercuci dengan baik agar kuman-kuman di tangan benar-benar hilang.
  4. Gosokkan punggung telapak tangan sampai ke ujung jari dengan posisi tangan saling mengunci.
  5. Jangan lupa juga untuk menggosokkan pada sela-sela jari.
  6. Bersihkan sabun pada telapak tangan dengan air bersih dan mengalir.
  7. Keringkan tangan dengan menggunakan tissue atau handuk yang bersih.

Itulah beberapa langkah mencuci tangan yang baik. Jagalah kesehatan anda karena kesehatan itu sangatlah penting.