Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Lubang Biopori

Sumur resapan atau lubang biopori merupakan lubang yang dibentuk pada permukaan tanah yang berfungsi untuk menyerap air. Tidak seperti bentuk sumur pada umumnya, biopori hanya memiliki diameter dan kedalaman yang jauh lebih kecil namun sama-sama mempunyai manfaat besar. Jika sumur biasanya digunakan untuk menghasilkan air yang berlimpah, sebaliknya biopori dibuat guna menyerap kandungan air yang bergenangan di sekitar permukaan tanah tersebut.

sumur resapan di halaman rumah Teknik biopori sangat dibutuhkan terutama di wilayah-wilayah kota besar yang sudah jarang terdapat saluran pembuangan air. Pada pembuatan biopori ada beberapa hal lain yang dilibatkan di antaranya adalah sampah organik dan fauna-fauna yang hidup dalam tanah. Semuanya saling bekerja sama dan masing-masing sudah memiliki peran dan keuntungan bagi mereka sendiri. Selain keuntungan bagi mereka keuntungannya juga dapat dirasakan oleh kita sebagai manusia.

Dengan adanya lubang biopori ini maka tidak akan ada lagi air yang menggenang di jalanan yang bisa mencemari lingkungan. Seperti yang kita ketahui jika air yang menggenang bisa saja digunakan nyamuk untuk berkembang biak. Jika genangan-genangan air tersebut dapat diatasi tentu saja penyakit yang disebabkan oleh nyamuk juga dapat dicegah. Lingkungan juga akan selalu terjaga keindahan dan kelestariannya sepanjang masa.

Manfaat sumur resapan atau biopori bagi makhluk hidup lainnya adalah untuk tanaman atau tumbuhan yang tumbuh di sekitar lubang tersebut. Tanaman-tanaman tersebut tidak akan kekurangan air karena di dalam tanahnya akan banyak mengandung air dari resapan. Bahkan air tersebut mengandung zat yang istimewa yang berasal dari sampah organik yang ada di atas bioporinya. Dengan begitu tanaman-tanaman tersebut akan tumbuh dengan sehat dan memberikan kesejukan terhadap lingkungan.