3 Manfaat & Solusi lnternet of Things untuk Bisnis

Di era modern seperti saat ini banyak sekali hal yang dapat dilakukan secara lebih mudah dengan mengandalkan perangkat teknologi. Bahkan banyak sekali diantara pada pelaku bisnis, khususnya perusahaan besar yang menjalin kerjasama dengan beberapa operator seluler untuk efisiensi pada bidang bisnis mereka, karena mengandalkan perangkat teknologi terbaru. Seperti yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Telkomsel yaitu sebuah layanan baru Internet of Things atau yang dikenal juga sebagai loT.

Mungkin banyak yang masih asing dengan hal ini, Internet of Things ini sendiri adalah merupakan sebuah konsep yang ditujukan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang nantinya akan tersambung secara terus-menerus. Kemampuannya sangatlah banyak, mulai diantaranya adalah untuk berbagi data, kemudian juga dapat digunakan sebagai remote control dan yang lainnya. contoh nyatanya sendiri adalah pada perangkat elektronik da juga berbagai macam peralatan yang semuanya tersambung dengan jaringan lokal maupun global melalui sebuah sensor dimana nantinya sensor tersebut selalu aktif.

bisnis iot

Tentunya dengan adanya Solusi loT ini sendiri nantinya akan ada banyak sekali manfaat yang dirasakan, baik itu kepada pelaku usaha tersebut maupun masyarakat yang merasakannya, diantara manfaat yang bisa dirasakan adalah:

  1. Pekerjaan jadi jauh lebih efisien, loT ini berkontribusi besar untuk membuat pekerjaan menjadi jauh lebih mudah dan juga cepat untuk dilakukan, apalagi bagi para pelaku usaha yang memonitor banyak bagian, misalnya yang sekarang ini sedang begitu populer adalah taksi maupun juga ojek online, dimana mitranya ada dimana-mana.
  2. Bisa dipakai untuk mendeteksi pengguna dimanapun mereka berada, dalam bidang bisnis layaknya ojek maupun taksi online ini contohnya, dimana pengemudi ada dimana saja. Adanya loT ini maka memungkinkan kita lebih mudah mendeteksi keberadaan mereka. begitu juga sekarang ini ada begitu banyak diantara produk yang dijual menggunakan sistem barcode, barcode ini nantinya dapat dipakai untuk lebih mudah melihat produk mana yang lebih banyak terjual.
  3. Menjadikan kegiatan lebih aman, sekarang ini ada banyak sekali diantara negara yang sudah menerapkan sistem ini pada sarana transportasi mereka. dimana nantinya Anda tidak perlu lagi memanfaatkan uang secara langsung untuk membayar biaya jasa tersebut. Melainkan cukup dengan mengandalkan kartu yang di sisipi dengan barcode tersebut, hal ini memungkinkan transaksi yang dilakukan juga jauh lebih aman bukan.

Nyatanya Telkomsel sendiri juga sudah membuat gebrakan baru dengan menawarkan produk Internet of Things tersebut di Indonesia. Diantaranya adalah dengan Telkomsel Fleetsight sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan termasuk diantaranya adalah PT Pertamina Patra Niaga yang nantinya akan digunakan untuk menghadirkan moda transportasi cerdas. Dimana sekitar 1.800 kendaraan tangki BBM milik Pertamina ini yang nantinya akan dipasangi oleh loT Telkomsel.