Mau Buka Usaha Ekspedisi? Pelajari Dulu Fleet Management Ini

Home » News » Bisnis » Mau Buka Usaha Ekspedisi? Pelajari Dulu Fleet Management Ini

Ahyari.Net – Semakin maraknya penjualan barang secara online melalui market place di Indonesia, semakin marak juga bisnis ekspedisi. Persaingan bisnis ekspedisi juga semakin ketat dengan banyaknya ekspedisi baru yang buka untuk memenuhi kebutuhan market place dalam mengirimkan pesanan pelanggannya. Anda juga tertarik untuk membuka bisnis ekspedisi skala kecil? Pertama-tama tentu harus memiliki modal karena membutuhkan beberapa armada baik roda dua maupun roda empat. Selain modal, Anda juga perlu memiliki pengetahuan yang mumpuni agar bisnis ini bukan hanya bisnis aji mumpung namun juga bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Salah satu pengetahuan yang wajib Anda miliki adalah soal fleet management.

Fleet merupakan sebuah pengelolaan armada yang dimiliki dimana hasil akhirnya adalah meningkatkan produktivitas armada, menjaga keamanan driver dengan beban biaya yang minimal. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam sebuah proses fleet mulai dari mengumpulkan data kendaraan, data driver dan data rute atau area yang akan dijadikan wilayah distribusi. Dari data-data tersebut nantinya diharapkan sistem fleet akan memberi masukan untuk pengelolaan armada sehingga biaya distribusi bisa ditekan.

Untuk menjadi seorang fleet manager yang handal, Anda harus memiliki pengetahuan mengenai beberapa hal, yaitu:

  • Mengetahui aturan pemerintah terkait kendaraan dan pengemudi termasuk izin-izin yang dibutuhkan.
  • Memiliki pengetahuan mengenai perawatan kendaraan.
  • Memiliki kemampuan managemen yang baik untuk menerapkan jadwal kerja.
  • Memiliki kemampuan untuk memilah skala prioritas khususnya yang berhubungan dengan armada perusahaan.
  • Pengetahuan mengenai teknis distribusi paket dilakukan di lapangan.

Diharapkan dengan pengetahuan di atas Anda bisa membuat pengelolaan armada menjadi seefektif mungkin dengan biaya distribusi yang minimal.

apa itu IoT Fleet Management System

Jika Anda merasa kurang berpengalaman sebagai fleet manager atau lebih ingin mengurus perusahaan dalam team marketing, Anda bisa merekrut pihak lain sebagai manager fleet. Selain solusi tersebut, kini Anda juga bisa membeli sebuah sistem Fleet Management. Dimana di dalamnya Anda bisa mengambil data-data yang dibutuhkan dengan lebih presisi dan detail. Sistem ini memiliki aplikasi GPS yang ditanamkan di tiap armada untuk mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan. Saat ini sudah banyak sistem Fleet berbasis GPS yang dijual di pasaran atau Anda bisa memilih untuk menyewa tenaga professional sekaligus sistemnya untuk diaplikasikan pada perusahaan ekspedisi baru Anda nanti.

Dengan sistem fleet berbasis internet, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk memangkas biaya distribusi, antara lain dengan cara:

  1. Menginformasikan rute perjalanan tercepat.
  2. Menginformasikan jadwal service rutin untuk perawatan armada jangka panjang.
  3. Menghitung durasi armada digunakan dalam kurun waktu tertentu.
  4. Menginformasikan kebutuhan bahan bakar sesuai dengan rute yang ditempuh.
  5. Menginformasikan cara driver berkendara dan dapat memberi warning jika driver berkendara secara agresif atau berbahaya.
  6. Menginformasikan lokasi kendaraan dan memberi warning jika kendaraan berada di luar area kerja.

Dengan sebuah Fleet Management berbasis internet yang baik, Anda dapat mengoptimalkan kerja armada sehingga menghasilkan produktivitas yang tinggi. Kebutuhan biaya distribusi juga dapat ditekan dengan perhitungan kebutuhan bahan bakar yang rinci. Selain itu kebutuhan service rutin juga bisa direncanakan jauh-jauh hari agar tidak mengganggu jadwal kerja. Sistem ini bisa Anda miliki dengan cara membeli lepas atau berlangganan jasa yang bisa dibayarkan per bulan maupun tahun dengan penyedia professional bisa seperti Telkomsel IoT.

Contact

Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

+62821 135 22 0 21
Hubungi Kami

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.