Memahami Pengertian dan Tujuan Reklamasi

Sebelum membahas lebih dalam tentang reklamasi, ada baiknya kita mengetahui arti dari reklamasi itu terlebih dahulu. Reklamasi adalah kegiatan atau pekerjaan dalam memanfaatkan suatu wilayah lahan atau kawasan yang -dengan berbagai pertimbangan- sudah tidak produktif serta berair untuk dijadikan kawasan yang lebih berguna melalui cara mengeringkannya. Umumnya, kawasan yang menjadi sasaran reklamasi adalah wilayah lepas pantai (offshore), rawa, danau hingga sungai yang memiliki lebar yang besar.

Adapun tujuan dari reklamasi adalah merubah kawasan yang kurang atau tidak lagi produktif menjadi lahan yang bisa digunakan baik untuk perindustrian, pemukiman, bisnis, pertanian atau tempat wisata. Kegiatan reklamasi juga diperuntukan untuk mendorong tumbuh kembang sarana beserta prasarana pendukung. Misalnya untuk mendirikan terminal kapal atau pelabuhan yang ada di kawasan pantai, maka reklamasi bisa dikerjakan.

Tentu saja ada dua sisi efek dalam penerapan reklamasi. Ada kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan reklamasi. Kelebihan reklamasi adalah mampu membantu pemerintahan setempat untuk menyiapkan wilayah agar penataannya sesuai dengan rencana pembangunan baik untuk perekonomian ataupun wisata. Sedangkan kekurangan dari reklamasi adalah kemungkinan berubahnya suatu ekosistem lingkungan. Misalnya arus pola erosi yang berubah di bibir pantai sehingga bisa meningkatkan resiko banjir.

Terlepas dari itu, untuk melakukan reklamasi perlu memperhatikan berbagai prinsip seperti:

  1. Tingkat urgensi dalam menyediakan lahan untuk budi daya
  2. Jika lokasi adalah wilayah perkotaan yang cukup padat, dan perluasan wilayah daratan diharuskan untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan

Jika prinsip di atas sudah terpenuhi, ada juga syarat dalam penentuan lokasi ketika ingin melakukan reklamasi. Di antaranya:

  1. Sesuai dengan ketentuan tata rencana kota (menyertakan lokasi/peta tempat yang akan direklamasi).
  2. Dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) dari Gubernur di provinsi terkait dan/atau dari Bupati/Walikota di mana rencana lokasi berada.
  3. Wajib menyertakan hasil studi kelayakan terkait program pengembangan di lahan yang akan direklamasi.
  4. Bukan kawasan bakau dan/atau taman nasional serta kawasan yang dilindungi.
  5. Bukan kawasan perbatasan dengan daerah ataupun dengan negara lain.
  6. Mengantongi izin bersyarat pemanfaatan untuk kawasan.
  7. Rencana teknis serta lokasi tersedia lengkap pada peta dengan izin dari instansi atau dinas yang berhubungan.

 

reklamasi bali teluk benoa

Yang sekarang sedang ramai di bahas adalah reklamasi Bali dan reklamasi Jakarta. Ada yang pro dan ada yang kontra. Semoga mendapat solusi terbaik bagi masyarakat dan pemerintah daerah yang berencana melakukan reklamasi.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...

Google Merevisi Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran dengan Menambahkan E yang baru pada E-A-T

Ahyari.Net - Jika anda merasa aneh membaca judul di atas, anda tidak sendiri. Belum selesai hiruk-pikuk update spam link 12 Desember kemarin, tanggal 15 Desember 2022, Google kembali mengemparkan dunia per-SEO-an. Oke, kembali ke judul, saya tidak salah menterjemahkan,...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!