Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Mengatasi Sakit Kuning Bayi Baru Lahir

Penyakit kuning atau jaundice adalah salah satu penyakit yang dapat diderita bayi baru lahir hingga usia satu bulan dan biasanya penyakit kuning ini membuat mata dan kulit bayi berwarna kuning. Jaundice pada bayi baru lahir dapat disebabkan karena meningkatnya zat bilirubin yaitu pigmen kuning yang dihasilkan oleh pemecahan hemoglobin di hati, dalam darah. Kondisi ini terjadi karena adanya gangguan fungsi hati, kekurangan enzim G6PD atau kurangnya asupan ASI.

Biasanya jaundice atau penyakit kuning akan hilang dengan sendirinya atau hilang dalam waktu dua minggu. Namun, Bunda harus tetap waspada bila si Kecil mengalami penyakit kuning atau jaundice lebih dari dua minggu. Ada beberapa gejala sakit kuning pada si Kecil yang harus Bunda kenali, seperti si Kecil malas minum dan mata serta kulit seluruh tubuhnya tampak berwarna kuning.

mengatasi sakit kuning bayi baru lahir
mengatasi sakit kuning bayi baru lahir

Bunda tak perlu panik saat gejala-gejala sakit kuning tersebut diderita si Kecil jika Bunda sudah mengetahui cara mengatasinya. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi sakit kuning yang dapat Bunda lakukan jika si Kecil menderita jaundice, antara lain:

  1. Berikanlah si Kecil ASI sebanyak mungkin.
  2. Jemurlah si Kecil selama 15 menit di pagi hari yaitu antara pukul 07.00 hingga 09.00. Hal ini dilakukan untuk membantu proses pematangan organ hati si Kecil.

Jika beberapa cara di atas tidak juga dapat menghilangkan sakit kuning yang diderita si Kecil, segeralah bawa ia ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.