Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Mengenal Perkembangan Rok Mini di Dunia Fashion

www.ahyari.net – Bagi kamu yang menyukai rok perlu tahu juga nih bagaimana sejarah rok miniSaat ini rok mini memang banyak dipakai oleh para wanita bukan hanya di perkotaan tapi juga di pedesaan karena tren memakai rok sudah menyebar ke berbagai daerah.

sejarah rok mini mini skirt

Rok mini ini menjadi terobosan pada tahun 1958 yaitu modifikasi dari rok biasa, bertujuan untuk para pekerja wanita yang akan berangkat bekerja menggunakan bis dan agar lebih leluasa saat bekerja.

Tahun 1960 Trend penggunaan Rok mini semakin besar dan ada banyak desainer yang mematenkan produk mereka di dunia Fashion.

Saat ini rok mini sudah hampir melekat pada kehidupan modern di sebagian besar negara maju. Di Indonesia sendiri masih sering terbentuk dengan kebudayaan sehingga,

Perkembangan rok mini ini kadang menjadi sisi negatif bagi beberapa pegawai yang mengenakan rok pendek, seperti pegawai Bank dan Perkantoran lainnya.

Sejak 1958, rok semakin pendek. Desainer dan ikon mode Inggris Mary Quant mengakui perkembangan pada rok tersebut sebagai yang praktis dan memberi kebebasan, yang memungkinkan perempuan mampu bergerak dengan leluasa, bahkan saat mengendarai kendaraan. Rok mini juga dikembangkan oleh desainer Prancis Andr Courr ges (lahir 1923) dan desainer Inggris John Bates (lahir 1938), sehingga tidak ada kesepakatan mengenai siapa yang memiliki ide pertama mengenai rok mini. setelah itu muncullah nama Mary Quant yang mempunyai peran besar dalam penyebaran rok mini dan di anggap sebagai penemu rok mini.

“Pada 1960-an terjadi perubahan drastis ketika Mary Quant ini mempopulerkan rok mini yang lebih banyak bagian-bagian kaki dibandingkan sebelumnya. Sejak itu para desainer mengekspos hampir setiap bagian tubuh, termasuk bagian perut. Muncul tren pakaian serba terbuka,” tulis Helen Reynolds dalam Mode dalam Sejarah: Gaun dan Rok.

Namun, menurut David Derbyshire dalam www.dailymail.co.uk, 12 November 2007, asal-usul rok mini kembali ke awal peradaban. Para arkeolog menemukan fakta yang mengejutkan bahwa di zaman batu terdapat sesuatu yang mirip dengan rok mini yang di pakai oleh manusia primitiv pada saat itu . deretan patung-patung batu yang mengenakan busana prasejarah digali di salah satu desa tertua di Eropa sebuah komunitas yang terletak antara sungai-sungai, gunung dan hutan di daerah Siberia.

Seperti kebanyakan busana, rok pendek atau rok mini itu sudah berkembang dalam pikiran perempuan-perempuan muda pada saat itu dan Para desainer hanya mengadaptasi dan membantu menyebarluaskannya. di dalam kasus Mary Quant, ia juga memberikan nama rok mini (mini skirt setelah dia memiliki mobil favoritnya yang diluncurkan oleh British Motor Corporation (BMC) pada 1959.

Tidak semua negara dapat menerima kehadiran rok mini ini di karenakan hal yang mengandung bau pronografi. Di sebagian negara Afrika, rok mini di pandang sebelah mata dan di anggap sebagai perusak kebudayaan yang di akibatkan perkembangan modern. Misalnya, di Tanzania pada tahun 1968, Pada masa itu pelayan sebuah bar dilempari oleh seseorang akibat memakai rok pendek mereka berpikir bahwa memakai rok pendek ini bisa menyebarkan HIV/AIDS, maka dihentikanlah wanita untuk memakai rok pendek. contoh lainya di negara-negara arab yang mayoritasnya muslim tentu saja rok mini sangat di larang di gunakan di wilayah ini.

Tidak lepas dari sisi negatif ataupun positif mengenakan rok mini ini tergantung dari si pemakainya, maka jika kita ingin mengenakan rok mini ini usahkan untuk tampil percaya diri.