Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Obati Bronkitis Tanpa Dokter

Gejala bronkitis paling umum adalah batuk kering dan menyedak tenggorokan selama berhari-hari, kemudian mungkin batuk akan disertai lendir. Anda juga akan mengalami demam rendah dan merasa lelah. Bronkitis akut dapat mulai sekitar 3 sampai 4 hari setelah paru-paru bagian atas terinfeksi. Sebagian orang akan merasa membaik setelah 2 sampai 3 minggu. Namun ada yang masih menderita batuk sampai lebih dari 4 minggu.

Penyebab bronkitis biasanya disebabkan karena virus. Beberapa orang mengalaminya diawali karena menderita demam atau flu. Jarang kasus bronkitis terjadi karena bakteri. Bronkitis sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Pada bronkitis kronis yang lebih parah, gejala bronkitis terus datang beberapa kali dan dalam jangka waktu yang lama, biasanya diderita oleh mereka yang merokok. Bronkitis seperti ini biasanya terjadi setiap 3 bulan sekali dalam setahun dan berlangsung dua tahun berturut-turut.

Kebanyakan orang dapat meredakan bronkitisnya di rumah dengan banyak minum cairan atau menggunakan obat batuk yang mengandung ekspektoran jika dokter Anda menganjurkan. Ekspektoran membantu mengeluarkan lendir pada saat batuk. Kalau Anda mengalami batuk kering, minum obat batuk tetek atau permen pelega tenggorokan untuk mengurangi rasa kering dan gatal pada tenggorokan. Obat batuk tetes tidak akan menyembuhkan batuk Anda, namun dapat membuat tenggorokan terasa lebih nyaman.