Penderita Diabetes Boleh Makan 4 Makanan Manis Ini

makanan manis aman penderita diabetes

Terdiagnosis diabetes, Anda tak perlu sebegitunya langsung mencoret semua yang manis-manis dalam hidup. Anda tetap boleh makan makanan ini!

Setelah terdiagnosis diabetes, biasanya penderita sedihnya dobel. Tak hanya akibat penyakit itu sendiri, tetapi juga karena menganggap sudah tidak boleh makan yang manis-manis. Padahal, tidak juga. Dikatakan oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, diabetes (penderita diabetes), tetap bisa mengonsumsi makanan manis, kok!

Meski tetap boleh konsumsi makanan manis, dr. Alvin tetap mengingatkan untuk tetap mempertimbangkan pilihan makanan dan tentu saja porsinya. Beberapa pilihannya adalah sebagai berikut.

  1. Biskuit gandum
    Diabetesi tetap boleh ngemil biskuit, tapi dr. Alvin menyarankan untuk memilih biskuit yang berbahan dasar gandum.

    “Gandum membuat Anda kenyang dan baik untuk kesehatan karena mengandung serat alami. Serat alami dari gandum dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, kelebihan berat badan, dan penyumbatan pada saluran darah. Selain pada gandum, serat alami ini bisa juga Anda dapatkan lewat bahan makanan seperti beras merah, roti gandum sereal, oatmeal, dan bubur yang terbuat dari kacang-kacangan,” kata dr. Alvin menerangkan.

  2. Xylitol
    Salah satu alternatif jika Anda ingin makan makanan manis sekaligus menghindari efek negatif dari asupan gula adalah dengan memilih pemanis alami, salah satunya adalah xylitol. Xylitol adalah pemanis alami dengan kadar alami 40 persen lebih rendah dari pasir (sukrosa), tetapi mempunyai tingkat kemanisan yang sama.

    Dikatakan oleh dr. Alvin, “Karena tidak adanya kandungan fruktosa, xylitol tidak meningkatkan kadar gula darah. Anda pun bisa mendapatkan manfaat lain dari xylitol, yaitu menurunkan risiko gigi berlubang dan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.”

  3. Granola
    Granola adalah makanan yang terdiri dari berbagai komponen seperti oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan madu. Makanan ini juga dapat dinikmati dengan yoghurt atau potongan buah.

    Menurut dr. Alvin, gandum dan kacang-kacangan pada granola kaya akan serat. “Jadi, tak cuma mengenyangkan, tetapi penderita juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.”

    Meski terbilang aman, tapi jangan asal pilih granola. Jangan malas baca kemasan, pilih kandungan gula dan lemaknya rendah.

  4. Buah
    Buah-buahan adalah sumber makanan manis yang tidak berbahaya dan bisa diolah dengan berbagai cara. Agar lebih aman, dr. Alvin menyarankan untuk memilih buah dengan indeks glikemik rendah seperti pisang, apel, dan kiwi.

    “Hindari buah-buahan yang sudah diproses seperti buah kalengan atau manisan karena kandungan pemanisnya tinggi,” kata dr. Alvin mengingatkan.

Itu dia makanan manis yang tetap boleh dikonsumsi penderita diabetes. Walau begitu, mengonsumsinya tetap harus bijak sesuai anjuran. Perhatikan juga menu harian Anda keseluruhan agar gula darah tidak melonjak. Jika perlu, konsultasi dengan dokter Anda atau ahli gizi untuk menetapkan menu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.