Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan

Seorang ibu dosen nan cantik jelita bertanya; “Coba kamu jelaskan, Apa Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan kita saat ini?” kepada salah satu mahasiswinya yang sedang asyik menekan keypad Blackberry Porsche  sembari cekikikan. Tanpa memandang wajah sang dosen, si mahasiswi menjawab “mempermudah komunikasi bu”. Alih-alih memperhatikan si penanya, yang ditanya malah lebih antusias terhadap pesan BBM yang diterimanya.

Di lain waktu, ada sepasang kekasih yang dilanda asmara (baru jadian coooy 😀 ). Siang itu, mereka janjian untuk makan siang bersama di suatu cafe. Duduk berhadap-hadapan namun saling membisu. Masing-masing asyik untuk melakukan “check in” di tempat di mana mereka berada sekarang; asyik dengan gadget yang ada di tangan masing-masing.

Apa persamaan dua cerita singkat di atas? Keduanya sama-sama “HASIL”. Hasil dari pengaruh teknologi terhadap kehidupan. Banyak teknologi yang telah ditemukan. Tapi khusus kali ini, saya ingin menulis tentang teknologi yang terkait dengan komunikasi.

Pengaruh Inovasi Teknologi
Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan | Sumber: empowernetwork.com

Telpon atau telpon seluler dibuat untuk mempermudah komunikasi yang terbatas oleh jarak dan waktu. Akan tetapi, jika dua orang berdekatan saling asyik menggunakan fitur-fitur di HP-nya, dapat dipastikan akan terjadi yang namanya:

mendekatkan yang jauh; menjauhkan yang dekat

Anda mungkin sering menyaksikan fenomena ini. Ada beberapa anak muda yang sedang berkumpul di taman, tetapi tidak ada suara bercengkrama di antara mereka. Dilihat lebih jauh, ternyata masing-masing sedang seru-serunya untuk “mendekatkan yang jauh”.

Pengaruh teknologi terhadap kehidupan bagai pisau. Bisa berguna, bisa melukai. Tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Sama halnya dalam ngeblog. Anda bisa menyampaikan aspirasi Anda melalui tulisan. Akan tetapi, Anda bisa pula menyinggung perasaan orang lain.

Bukan bagaimana hasilnya, tetapi bagaimana prosesnya

Mungkin Anda memiliki pendapat tentang Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan kita saat ini?

-Berbagi Tidak Pernah Rugi-