Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Penyakit Influenza

Gejala flu atau lebih dikenal juga dengan influenza merupakan penyakit yang ringan namun cukup menyiksa bagi saya. Pada saat-saat seperti ini terkadang penderitanya dibuat repot dengan beberapa gejalanya yang berupa bersin-bersin yang terus menerus. Bahkan ada kalanya sampai kotoran dari hidung keluar dan jika tidak tertahan tentunya bisa membuat orang yang melihatnya jijik. Untuk itu ada baiknya saat melewati gejala ini anda selalu menyiapkan tisu atau sapu tangan untuk menutupinya.

gejala influenza flu

Sebenarnya sebelum mengalami influenza ada juga beberapa gejala-gejala kecil yang timbul seperti sakit tenggorokan yang dapat anda kenali. Saat menelan makanan tenggorokan akan terasa sakit dan untuk mengatasinya anda harus banyak minum air putih. Biasanya jika anda bisa mengatasi sakit tenggorokannya penyakit influenza ini tidak akan terjadi menurut pengalaman saya sendiri. Atau anda juga mengatasinya dengan meminum larutan untuk panas dalam sehingga teratasi.

Flu atau influenza biasanya menyerang pada saat-saat pergantian musim dari panas ke hujan atau sebaliknya. Pada saat seperti ini kondisi tubuh sedang berusaha menyesuaikan dengan udara sehingga jika anda salah memilih pola makan maka akan timbul gejala flu ini. Biasanya setiap manusia selalu merasa seenaknya jika makan seperti banyak mengonsumsi makanan yang pedas kemudian minum yang dingin. Hasilnya tenggorokan akan terganggu dan timbullah influenza karena suhu tubuh yang tidak stabil.

Ada satu hal yang menurut saya pribadi merupakan hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan. Hal tersebut yaitu minum air putih sebanyak-banyaknya setiap hari sehingga zat-zat yang meracuni tubuh dapat terbawa oleh air untuk dikeluarkan kembali. Logikanya kita dapat melihat fungsi dari air ini yang bisa membersihkan segala sesuatu termasuk tubuh kita juga pastinya. Air putih yang bersih dan matang yang pantas kita konsumsi setiap hari dari mulai bayi sampai orang tua.