Penyebab Wanita Menjadi Sensitif Saat Menstruasi

Wanita yang sedang menstruasi biasanya terkenal dengan mood swing yang drastis serta emosi yang meledak-ledak. Selain itu, wanita juga biasanya lebih sensitif akan hal-hal sepele. Tak hanya itu, nafsu makan pun ikut berubah jika wanita sedang PMS. Hal-hal tersebut ternyata bukan alasan wanita karena ingin dimengerti saja, namun ada penjelasan ilmiahnya.

Premenstrual Syndrome PMS

Faktor Penyebab Meningkatnya Sensitifitas Wanita

1. Turun naiknya hormon

Ketika awal darah menstruasi akan keluar, proses ovulasi menyebabkan hormon estrogen akan menurun drastis. Estrogen merupakan hormon yang berperan penting dalam proses reproduksi wanita. Selain itu hormon estrogen menjadi salah satu efek endorfin bagi tubuh.

Kebalikan dengan hormon estrogen, hormon progesteron akan meningkat drastis dan menjadi sangat bergejolak. Meningkatnya hormon ini akan menyebabkan suasana hati menjadi suram. Maka, jika Anda menghadapi wanita yang sedang haid jangan mengatakan kalimat yang bikin emosi saat haid.

2. Serotonin Menurun

Hormon serotonin akan menurun ketika wanita sedang menstruasi. Hormon serotonin yang menurun akan mengakibatkan wanita merasakan depresi, mudah marah, dan selain itu keinginan untuk makanan yang mengandung karbohidrat akan semakin tinggi.

3. Menurunnya dopamine dan GABA

Hormon dopamine dan gamma-aminobutyris acid (GABA) akan menghilang ketika wanita sedang menstruasi. Kedua hormon tersebut berfungsi untuk membuat seseorang menjadi tenang. Selain itu, kedua hormon ini juga berfungsi untuk membatasi aktivitas yang berkaitan dengan stress dan memicu kecemasan. Maka dari itu, wanita haid terkadang juga terlalu cemas dan mudah stress.

4. Menurunnya daya tahan tubuh

Ketika haid, wanita pasti mengalami nyeri perut atau kram. Rasa sakit ini akan semakin parah dirasakan karena menurunnya daya tahan tubuh terhadap rasa sakit ketika haid. Hal tersebut akan membuat wanita cepat marah.

5. Kurang istirahat dan pola makan tidak baik

Kurang istirahat tentunya akan membuat emosi tidak stabil dan membuat wanita cepat marah. Terlebih ketika sedang menstruasi. Selain itu, pola makan yang tidak baik akan mempengaruhi suasana hati secara emosional.

Faktor-faktor tersebut menjadi penjelasan mengenai kenapa perempuan lebih sensitif ketika menstruasi. Untuk mengurangi rasa sakit saat haid, Anda bisa memakai pad terapi hangat yang Anda bisa dapatkan informasinya di ifreeindonesia.com.