Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Penyedap Masakan Dengan Cita Rasa yang Khas

Diantara berbagai penyedap masakan yang paling banyak digunakan oleh ibu rumah tangga di Indonesia, Kecap sudah barang tentu merupakan penyedap dengan citarasa paling khas. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa kedelai hitam, yang merupakan bahan penyedap masakan ini, memiliki kandungan zat-zat yang dapat memberikan rasa yang khas pada penyedap makanan ini. Jika Anda termasuk penggemar masakan dengan kecap, berikut adalah beberapa hal yang menentukan terciptanya citarasa khas yang ditawarkan oleh penyedap masakan paling digemari di negara kita ini.

Penyedap Masakan Dengan Cita Rasa yang Khas
Penyedap Masakan Dengan Cita Rasa yang Khas

Kecap Mengandung Asam Amino Leusin dan Lisin

Cita rasa khas yang ditawarkan oleh penyedap masakan favorit masyarakat Indonesia ini disebabkan oleh dari asam amino leusin dan lisin yang terkandung dalam penyedap masakan tersebut. Terkandung dalam kedela hitam, bahan utama pembuatan kecap, asam amino tersebut diperlukan oleh enzim pemecah kacang kedelai dalam menghasilkan citarasa lezat serta khas yang terkandung dalam penyedap masakan tersebut.

Kandungan Glutamat dalam Kedelai Hitam Membuat Kecap Terasa Gurih

Selain mengandung asam amino leusin dan lisin, penyedap masakan yang satu ini juga mengandung asam amino glutamat. Dengan adanya asam amino tersebut, kedelai hitam menawarkan rasa yang lebih gurih jika dibandingkan dengan kedelai kuning yang biasa digunakan dalam pembuatan tahu dan tempe. Dengan rasa yang khas dan gurih, kecap tak diragukan lagi merupakan penyedap masakan yang wajib Anda gunakan dalam setiap hidangan yang Anda sajikan.