Perhitungan Kupon ORI016 yang Harus Anda Tahu!

Obligasi ritel Indonesia Tanamduit — Obligasi ritel Indonesia seri 016 (ORI016) dengan tenor 3 tahun menetapkan bunga tetap sebesar 6,8% per tahun dan dibayarkan tanggal 15 setiap bulannya. Obligasi ini bisa dibeli dengan harga minimal Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 milyar. Jika dibandingkan dengan ORI015 bunganya lebih rendah 1,45 % dikarenakan suku bunga global dan domestik yang menurun.

Obligasi Negara Ritel ORI-SBN

Perhitungkan pajak!

Investasi obligasi juga dikenakan pajak. Untuk pajaknya tidak setinggi deposito yang mana 20% dari total kupon. Untuk invetasi ORI016 dikenakan pajak sebesar 15% dari penghasilan investasi atau kupon ORI016. Jadi, jangan sampai terlewat untuk memperhitungkan pajak saat ingin mengetahui penghasilan bersih investasi.

Simulasi Perhitungan Kupon ORI016

Jika Anda adalah investor dengan investasi Rp 1 juta dengan kupon tetap 6,8%, maka dalam satu tahun Anda akan memperoleh penghasilan kotor sebesar Rp. 68.000,-. Dalam satu tahun tersebut akan dikenakan pajak untuk memperoleh penghasilan bersih. Pajak 15% dari total kupon sebesar Rp. 68.000,- adalah Rp. 10.200,-. Sehingga penghasilan bersih Anda adalah Rp. 68.000,- dikurangi Rp. 10.200,- yaitu Rp. 57.800,-.

Dengan penghasilan bersih Anda dari pendapatan kupon adalah Rp. 57.800,- per tahun, maka penghasilan bersih Anda sebulan adalah Rp. 57.800,- dibagi dengan 12 bulan yaitu Rp. 4.817,- per bulan. Cobalah Anda menghitung besar investasi Anda sendiri menggunakan cara simulasi perhitungan bunga yang telah dipaparkan di atas. Semakin tinggi nilai investasi Anda, maka semakin tinggi pula tingkat pengembalian yang Anda dapatkan.

Saat Anda membandingkan investasi ORI016 dengan deposito pastilah lebih baik Anda investasi pada ORI016. Investasi negara ini memiliki risiko yang kecil dan pemerintah tidak pernah gagal bayar pada setiap kupon instrumen investasinya. Maka berinvestasi pada instrumen pembiayaan negara adalah cara investasi yang tepat untuk memutar uang simpanan Anda.

Untuk dapat berinvestasi pada instrumen pembiayaan negara, Anda bisa menghubungi mitra distribusi yang telah bekerja sama dengan pemerintah (ref: https://id.tanamduit.com/asuransi). Mitra distribusi yang ditunjuk pastinya sudah andal dan terpercaya untuk melakukan segala transaksi kepentingan investasi