Akhirnya Pindah dari Nginx ke Litespeed

Ahyari.Net – Blog yang sedang anda baca saat ini puluhan tahun menggunakan VPS dengan Nginx dan sistem operasi jadul CentOS 6 (ini OS rilis tahun 2011 dan sekarang hampir 2023?). Akhir bulan November memutuskan untuk pindah besar-besaran. Kadang yang bikin males adalah proses membackup 1 server yang isinya bergiga-giga ke server sementara, lalu merestore-nya kembali ke server lama dengan sistem yang baru.

Nginx vs Litespeed

Klik untuk membaca pendapat terkait Nginx vs Litespeed
Nginx dan Litespeed adalah dua server web populer yang digunakan oleh banyak situs web. Kedua server tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nginx dikenal sebagai server web yang cepat dan efisien, terutama dalam menangani banyak permintaan pada saat yang sama. Ini membuatnya ideal untuk situs web yang memiliki banyak lalu lintas. Nginx juga memiliki fitur reverse proxy yang memungkinkan untuk mengatur bagaimana server web merespons permintaan dari internet.

Litespeed, di sisi lain, dikenal sebagai server web yang sangat cepat dan dapat menangani banyak permintaan dengan mudah. Ini membuatnya cocok untuk situs web yang memiliki banyak lalu lintas atau yang menjalankan aplikasi berat. Litespeed juga memiliki fitur caching yang memungkinkan untuk menyimpan data yang sering diakses dalam memori agar server dapat merespon dengan lebih cepat.

Dalam hal kecepatan, kedua server tersebut cukup serupa. Namun, ada beberapa perbedaan lainnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih salah satu dari kedua server tersebut. Sebaiknya, Anda melakukan riset lebih lanjut dan membandingkan kedua server tersebut untuk menentukan mana yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Ngobrol ngalur-ngidul dengan suhu Samehadaku (penggemar anime pasti tahu lah ya web legend ini xixixi), akhirnya tertarik untuk coba Litespeed dan CentOS 7 dengan admin panel dari Cyberpanel. Proses instalasi seharusnya mudah, tapi entah kenapa, saya gagal terus hingga harus rebuild ulang server hingga 3 (atau 4, ya?) kali.

installasi cyberpanel gagal di centos 7
installasi cyberpanel gagal di centos 7

Jika anda bertanya, bagaimana cara menginstall Cyberpanel di CentOS 7, harusnya bisa googling karena banyak banget yang nulis. Tapi, karena ini tulisan ingin menjadi arsip pribadi (syukur-syukur ada yang terbantu membaca tulisan ngalor-ngidul ini), jadi saya tetap akan menuliskannya di sini wkwkwk…

Sebelum menginstall Cyberpanel, pastikan anda sudah memiliki server dengan sistem operasi CentOS 7 dan punya akses SSH ke root-nya. JIka sudah ini semua, kita masuk ke langkah installasi cyberpanel-nya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Update VPS nya dulu gaes biar makin joss
     yum update && yum upgrade -y
  2. Disable SELinux
     nano /etc/selinux/config

    Restart

  3. Download dan jalankan script setelah didownload
     sh <(curl https://cyberpanel.net/install.sh || wget -O - https://cyberpanel.net/install.sh)
  4. Nanti akan muncul 3 opsi, pilih opsi nomor 1 yang “Install Cyberpanel
  5. Setelah itu, nanti akan ada opsi lagi, silakan pilih “Install Cyberpanel with OpenLitespeed
  6. Ketik “Y” untuk Install “Full service for Cyberpanel”
  7. Ketik “N” untuk “Setup Remote MySQL” (ini tergantung keperluan, bisa saja anda install juga dengan ketik “Y“)
  8. Setelah ini, nanti akan ada diminta menuliskan password. Ada pilihan d, r dan s. Saya pilih s karena saya ingin menentukan sendiri password login ke admin panelnya nanti. FYI, r itu artinya Random (password akan dibuatkan acak) dan d itu Default.
  9. Setelah itu, ada pertanyaan Y/n (Yes/No), saya sih Y semua untuk Memcached extension dan Redis externsion.
  10. untuk WatchDog, saya pillih no
  11. Proses installasi akan berjalan. Silakan tunggu.
  12. Jika installasi Cyberpanel selesai, anda akan mendapatkan informasi terkait tentang url admin dan beberapa port yang harus dibuka dulu (PASTIKAN ANDA MEMBUKA PORT-PORT yang ada di info ini sebelum melakukan restart server)
  13. Jika langkah nomor 12 kamu sudah selesai, silakan restart dan coba login di https://(ip address server):8090
  14. Jika ada notifikasi tidak aman dari browser, abaikan saja karena memang ip address tidak bisa dipasang SSL (https)

    your connection is not private cyberpanel admin
    Klik Saja Advanced > Proceed di bawah
  15. Anda akan berjumpa dengan halaman login dari Cyberpanel yang sudah berhasil diinstall. Silakan masukan username admin dan password yang telah anda buat sebelumnya.
    Halaman Login CyberPanel

Mudah, bukan? Bukan! wkwkwk

Selanjutnya tinggal memindah file-file backup dengan perintah wget pada SSH. Untuk database, tinggal dicompress dan upload ke PHPMyAdmin saja, sesuaikan nama dan password sebelumnya jika tidak ingin ribet.

Hasilnya?

Anda bisa lihat atau nimbrung di post saya di Facebook

Jika anda membaca tulisan ini, mungkin terdengar mudah. Tapi, percayalah, saya melakukannya hampir 1 minggu karena diselang-seling sambil momong 3 orang anak (antar-jemput sekolah, siapkan makan dan lain sebagainya) wkwkwk

Ada beberapa tweak juga untuk settingan di dalam, tapi mungkin akan dilanjut ditulisan selanjutnya jika sempat. So, jangan lupa follow blog ini di Google yak.. Yang mau berdiskusi, silakan gunakan kolom komentar di bawah. Rencananya blog ini update sabtu-minggu jika tidak ada halangan. Tapi bisa aja hari lain kalau lagi beneran nganggur. wkwkwk

Terimakasih sudah membaca. Sampai jumpa di tulisan yang lain <3

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...

Google Merevisi Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran dengan Menambahkan E yang baru pada E-A-T

Ahyari.Net - Jika anda merasa aneh membaca judul di atas, anda tidak sendiri. Belum selesai hiruk-pikuk update spam link 12 Desember kemarin, tanggal 15 Desember 2022, Google kembali mengemparkan dunia per-SEO-an. Oke, kembali ke judul, saya tidak salah menterjemahkan,...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!