Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Resep Nastar untuk Lebaran

Resep kue nastar yang bisa disajikan saat lebaran kali ini berbeda. Karena tidak menggunakan keju pada adonan kue. Resep ini cocok bagi mereka yang memiliki alergi keju dan susu. Jadi jangan khawatir bagi Anda yang alergi keju dan susu, Anda masih bisa membuat kue nastar untuk disajikan pada saat lebaran. Pada dasarnya kue nastar menggunakan nanas. Tapi kue nastar tak harus selalu selai nanas di tengahnya. Dengan Anda menambahkan nanas pada adonan, maka sudah bisa dikatakan sebagai kue nastar.

resep-kue-nastar-mudah

Resep kue nastar ini bisa sampai tiga toples kecil. Bahan yang digunakan adalah 1/2 cangkir shortening, 1 cangkir brown sugar atau gula palem, 1 buah telur, 1 sendok teh ekstrak vanili, 1 ons nanas hancur atau selai nanas, 2 cangkir tepung terigu, 1 1/2 sendok teh baking powder, 1/4 sendok teh baking soda, 1/8 sendok teh garam.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut. Panaskan oven terlebih dahulu sampai 165 derajat Celcius. Dalam mangkuk besar, kocok shortening dan gula sampai ringan dan halus. Tambahkan telur dan kocok rata, kemudian aduk di vanili dan nanas. Campurkan tepung, baking powder, baking soda dan garam secara bertahap aduk ke dalam adonan yang sebelum. Aduk adonan hingga kalis, setelah itu bentuk adonan menjadi bola-bola kecil. Panggang selama 8 sampai 10 menit dalam oven. Dinginkan kue yang sudah dipanggang di loyang selama 5 menit sebelum dipindahkan ke rak kawat kue untuk mendinginkan sepenuhnya.