Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Review: ASUS Zenfone 6 Smartphone Android Terbaik

Pada acara CES di awal tahun 2014, ASUS mengumumkan akan adanya kehadiran rangkaian produk terbaru seri Zenfone. Dan akhirnya, ASUS Zenfone resmi hadir di Indonesia. Dari tiga varian yang ditelurkan, terdapat seri dengan kasta tertinggi; ASUS Zenfone 6 (A600CG). Sebagai kasta tertinggi ASUS Zenphone Smartphone Android Terbaik, si Zenfone 6 ini dipersenjatai beragam fitur seperti smartphone premium ditambah performa kelas wahid namun harga yang sangat relatif terjangkau di kelasnya.

Desain ASUS Zenfone 6

Dengan dimensi 166,9 mm x 84,3 mm x 5,5-9,9 mm dan berat 0,196 kg bermaterial material plastik plus pengoperasian menggunakan touch screen, smartphone ini tampak memukau layaknya smartphone premium class yang memiliki detail elegan. Di bawah display terdapat aksen bezel logam berkilau-kilau.

Badan smartphone zenfone 6 di bagian belakang terlihat menipis di pada tepiannya dan melengkung menebal di bagian tengahnya. Alhadil, smartphone ini menjadi ergonomis serta nyaman dalam genggaman.

Jika pada varian ASUS Zenfone 4 dan ASUS Zenfone 5 inci terdapat opsi warna yang lebih cerah, smartphone zenfone 6 terbaik ini memiliki warna yang lebih terkesan mewah.

Layar Zenfone 6

Display yang disematkan bertipe layar sentuh IPS kapasitif dengan 16 juta warna 720 x 1280 px. Jika ditarik garis diagonal, ukurannya menjadi 6 inci, makanya disebut ASUS Zenfone 6. Kedalaman dan kerapatan pikselnya mencapai ~245 ppi. Layar sentuhnya juga mampu multi sentuh. Ukuran display yang luas adalah keuntungan tersendiri mengingat User bisa memiliki banyak area untuk melihat detail saat melihat gambar, menonton video, surfing internet atau playing some games (anak saya bakalan doyan nih 😀 ).

Layar smartphone ini menggunakan teknologi One Glass Solution atau yang disebut sebagai direct bonding oleh ASUS. Teknologi ini menyatukan LCD yang mengeluarkan gambar dan panel sentuh yang menerima input sentuhan. Ini membuat jari tampak menempel langsung di display tanpa sela sekaligus membuat gambar yang tersaji didisplay menampilkan kualitas terbaiknya. (tabloidpulsa, 2014)

Tersedia setting “reading mode” untuk membuat mata user menjadi lebih adem saat memakai smartphone ini untuk membaca. ASUS bahkan menambahkan aplikasi Splendid yang bisa digunakan untuk mengatur warna, saturasi serta hue, sehingga display mampu memunculkan karakter warna yang tepat dan sesuai selera User. Layar smartphone ini juga memiliki tingkat responsif yang baik; bahkan terbilang sangat cepat. Cocok bagi user yang hobby chatting dan bermain game.

Sistem Operasi dan UI Smartphone Zenfone 6

Mengusung sistem operasi Android terbaik Jelly Bean (bisa diupgrade ke Android KitKat) serta dengan Zen UI sebagai antarmuka bagi user dan perangkat, menjadikannya sebuah perpaduan yang dinamis dan berkelas.

Saat terkunci, tampilan secara standarnya akan menampilkan widget What’s Next yang menampilkan informasi penting bagi User. Seperti Android versi JellyBean lain, juga terdapat fitur multi panel yang bisa ditambahkan widget sesuai dengan keperluan user. ASUS menambahkan sebuah fitur multi tasking yang membuat User bisa memanfaatkan luas display smartphone ini dengan menjalankan dua aplikasi sekaligus dengan membagi display.

Fitur Khusus ASUS Zenfone 6

What’s Next

ZenUI membawa beberapa fitur dan 2 yang paling menarik diantaranya adalah What’s Next dan Do It Later yang didesain khusus untuk mempermudah User dalam pengelolaan informasi yang diterima.

Fitur pertama adalah What’s Next yang menempatkan informasi terkini, dan dianggap paling penting dan berguna bagi User, seperti misalnya jadwal meeting, pesan dan panggilan tak terjawab dari kontak VIP, cuaca di tempat tujuan, dan lainnya pada lock screen, home screen dan panel notifikasi.

Do It Later

Kemudian ada fitur Do It Later yang membuat User bisa fokus ke hal yang sedang dikerjakan, tanpa akan melupakan hal penting lain yang perlu dilakukan setelahnya. Misalnya, ketika User sedang dalam rapat dan menerima panggilan teleppon User bisa menolak panggilan sekaligus membuat reminder untuk menelpon kembali orang yang sebelumnya menghubungi pada aplikasi Do It Later.

Hardware Smartphone ASUS Zenfone 6

Dipersenjatai prosesor Dual-core 2 GigaHertz milik Intel Atom Z2580 chipset plus PowerVR SGX544MP2 GPU dan 2 GB RAM, smartphone ini mampu mewujudkan performa oke joss setara quadcore (thanks to hyper threading technology milik Intel). Kelebihan utama dari jenis prosesor yang dibawa adalah kebutuhan akan daya yang sangat minimal.

Kesimpulan

ASUS Zenfone 6
ASUS Zenfone 6

Kelebihan

  • Desain premium
  • Harga relatif terjangkau
  • HD Display 6 inch
  • Responsive Performance
  • Kamera 13MP!

Kekurangan

  • Tidak adanya NFC

Dengan harga jual yang menggiurkan, jika melihat Zenfone 6 ini bisa dikatakan melebihi adalah Smartphone Android Terbaik pada kisaran harga yang ditawarkan. Desain yang premium, display lebar khas phablet yang responsif, hingga performa layaknya ponsel quadcore. Plus kamera 13 Mega Pixel dengan fitur-fitur kerennya. Jadi, mampukah ASUS Zenfone 6 mencicipi gurihnya pasar smartphone Indonesia? Apakah bisa sesukses notebooknya? Mari kita lihat sepak terjang dari jajaran seri ASUS Zenfone Smartphone Android Terbaik.