Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Review TV LED Samsung Yang Wajib Diketahui Calon Pembeli

Ketika kita mengunjungi sebuah toko elektronik yang menjual aneka merk tv, kita akan ditawarkan dengan TV LED, TV Plasma, Smart TV, Curve TV, UHD TV, LCD TV dan lain-lain. Istilah-istilah tersebut mungkin terdengar begitu asing di telinga. Produsen TV memang telah mengembangkan berbagai teknologi hingga mampu menghadirkan berbagai jenis TV. Misalnya saja Samsung, yang menawarkan berbagai jenis TV dengan keunggulan yang berbeda-beda. Diantaranya ada TV LED Samsung yang hadir dalam bentuk flat, curved dan juga Smart TV.

TV LED sebenarnya adalah perkembangan dari TV LCD. Pada TV LCD dan LED terdapat kristal cair yang diletakkan antara panel dari layar. Kristal ini akan menjadi aktif jika listrik dialirkan. Jika pada TV LCD cahaya berasal dari lampu CCFL, maka pada TV LED cahaya akan dipancarkan oleh lampu LED. Dari dasar teknologi inilah kemudian berkembang menjadi TV LED Samsung flat, curved atau Smart TV. Berbagai keunggulan diberikan televisi-televisi tersebut, yang akan membuat penontonnya menikmati hiburan berkualitas di dalam rumah.

TV LED Samsung Yang Flat dan Full HD

Samsung menawarkan berbagai varian TV, dengan ukuran layar, jenis resolusi dan jenis layar yang berbeda-beda. Jika kita membeli TV LED Samsung yang flat, maka full HD menjadi resolusi yang dapat dipilih. Dengan resolusi ini gambar akan tampak lebih detail serta tajam. Selain itu, pada televisi tersebut terdapat berbagai teknologi yang mampu membuat tampilan gambar semakin memukau. Salah satunya adalah Ultra Clean View, yang dapat mengurangi adanya noise yang berasal dari sinyal, sehingga gambar menjadi lebih jernih.

Fitur lainnya adalah Micro Dimmming Pro. Teknologi ini mampu meningkatkan kontras, agar obyek gambar memiliki warna hitam lebih pekat serta warna putih lebih alami. Teknologi lain yang ada adalah Contrast Enhancer. Berkat teknologi ini penonton akan merasakan efek dramatis seperti efek 3D. Pengalaman menonton pun dapat menjadi lebih seru dengan level kontras yang diaplikasikan secara berbeda ditiap bagian dari tayangan. Semua keseruan ini dapat dinikmati dengan harga TV LED Samsung 32 inch seri 5 yang cukup kompetitif.

Tidak cukup dengan teknologi-teknologi diatas, Samsung juga memberikan Wide Color Enhancer yang mampu meningkatkan kualitas dari gambar secara drastis. Teknologi canggih ini akan menampilkan detil-detil tersembunyi, sehingga warna tampilan menjadi lebih beragam. TV LED Samsung juga mampu meminimalkan blur dari gambar bergerak. Dengan teknologi CMR dan Backlight yang dimiliki, tayangan olahraga, film action dan lainnya dapat terlihat lebih jelas.

TV LED Samsung Yang Curved dan Full HD

tv led curved uhd samsung ku6100

Layar lengkung atau curved kini menjadi stAndar desain televisi terbaru. TV LED Samsung Curved dirancang untuk memiliki tingkat kelengkungan sesuai dengan mata manusia. Sehingga menonton dari berbagai sisi tetap akan terasa nyaman. Dengan Auto Depth Enhancer yang dimilikinya, penonton akan merasakan bagaimana efek kedalaman yang menjadikannya bagian dari sebuah tayangan. Teknologi ini mampu meningkatkan kontras gambar dengan sangat signifikan.

TV LED Samsung curved yang full HD juga memiliki fitur Ultra Clean View, Micro Dimmming Pro, Wide Color Enhancer, CMR serta Backlight seperti pada TV flat. Dengan demikian kualitas gambar yang semakin sempurna juga dimiliki. Selain itu TV ini juga memiliki sistem audio canggih, sehingga tidak hanya mata yang dimanjakan, tetapi juga pendengaran. Jenis TV yang umumnya berukuran layar besar ini memiliki harga lebih mahal dibandingkan harga tv LED Samsung 21 inch.

Fitur Canggih dan Menarik Pada Samsung Smart LED TV

Saat hendak membeli sebuah televisi, pihak toko sering menawarkan untuk membeli Smart TV. Jika selama ini kita sudah akrab dengan smartpone, mungkin istilah Smart TV tersebut masih membuat kita penasaran. Sebenarnya apa yang dimiliki TV tersebut hingga layak mendapat gelar ‘Smart’. Berikut ini akan dijelaskan beberapa fitur menarik dari sebuah Smart TV, sehingga kita tidak lagi heran dengan harga TV Samsung terbaru yang terkadang dianggap lebih mahal. Adapun fitur-fitur tersebut adalah:

  1. Smart Hub
    Smart LED TV dari Samsung memiliki fitur Smart Hub yang sangat menarik. Fitur ini memungkinkan kita mengakses berbagai aplikasi favorit pada satu menu layar. Selain itu beragam konten juga dapat dinikmati dengan akses yang cepat dan cara yang mudah. Aplikasi dan konten-konten tersebut dapat dinikmati berkat TV LED Samsung yang mampu terkoneksi jaringan internet. Wireless LAN yang dimilikinya membuat koneksi internet bisa didapatkan tanpa harus menggunakan perangkat lain sebagai tambahan.
  1. Smart View
    Fitur TV LED Samsung yang satu ini akan membuat kita merasa benar-benar asyik. Fitur ini mampu membuat TV Samsung berbagi konten dengan perangkat-perangkat mobile, seperti smartphone ataupun tablet. Musik, lagu, gambar ataupun video dapat ditampilkan pada layar TV hanya dengan satu klik mudah. Sementara tayangan tersebut berjalan, smartphone ataupun tablet dapat melakukan pekerjaan lainnya tanpa terganggu aktivitas berbagi konten yang sedang dilakukan.
  1. Tizen
    Untuk mempermudah semua akses yang dilakukan Smart TV, Samsung melengkapi TV LED-nya dengan Tizen. Fitur yang canggih ini mampu membuat penggunaan Smart TV menjadi lebih mudah dan performanya juga lebih cepat. Hasilnya, TV LED Samsung akan mampu mengakses sebuah Live TV maupun semua aplikasi dengan kecepatan yang tinggi. Fitur ini juga akan menyediakan berbagai aplikasi lokal yang sesuai dengan kebutuhan. Kita dapat memilih aplikasi-aplikasi apa saja yang harus terpasang, sebagai sarana hiburan ataupun informasi.
  1. ConnectShare Movie
    Jika dulu kita membutuhkan sebuah pemutar video atau DVD player untuk dapat menonton film, kini sudah tidak lagi. Smart TV dari Samsung kini memiliki fitur ConnectShare Movie yang memungkinkan film, musik atau foto dalam sebuah flashdisk, harddisk atau memory drive dapat langsung ditonton. Dengan adanya port USB pada televisi ini, maka Anda tinggal mencolokkan perangkat untuk dapat menikmati berbagai hiburan dengan mudah. Kemudahan tersebut tidak akan sama dengan TV LED Samsung 25 inch yang bukan termasuk smart TV.
  1. HDMI atau High Definition Multimedia Interface
    Fitur lain yang mampu membuat TV LED Samsung menjadi pusat hiburan yang mengasyikkan adalah HDMI. Fitur ini memiliki kemampuan untuk mentransfer data-data digital dari bermacam-macam perangkat ke TV. Proses yang dibutuhkan cukup cepat, walaupun data-data tersebut memiliki definisi yang tinggi. Semua kecepatan kinerja Samsung diperoleh berkat Prosesor Quad Core yang ada di dalamnya. Prosesor ini sangat hAndal sehingga performa Smart TV relatif cepat, walaupun menggunakan layar Multi-link.

Kemampuan sebuah smart TV memang sangat mengagumkan. Kita akan merasa seperti berada di masa depan berkat kecanggihan yang dimiliki TV LED Samsung tersebut. Kemampuan ini juga yang menjadi pembeda dengan TV-TV konvensional, yang hanya dapat digunakan untuk menonton TV dari channel-cahnnel yang sudah disediakan. Sebuah Smart TV memang mampu menciptakan sarana hiburan masa depan yang sangat mengasyikkan di dalam rumah.