Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Ritual Pagi Hari

Tidak ada yang lebih menyegarkan selain minum teh di pagi hari setelah berolah raga. Ibarat ponsel badan rasanya seperti di-charge kembali. Rasanya begitu relaks sekali. Bagi saya teh itu enaknya dihidangkan tidak terlalu panas, tapi tidak hangat juga. Suhunya tepat diantara keduanya. Sehingga teh bisa langsung diminum, dan kehangatannya langsung menyerap ke dada.

minum teh segar

Hampir setiap pagi saya memang suka berolahraga. Tapi itu hanya jogging keliling kompleks saja. Jika sudah lari pagi maka badan saya ringan terasa. Menjelang aktivitas keseharian pun akan menjadi lebih semangat.

Biasanya waktu saya berolahraga adalah ketika matahari belum terbit. Sekitar jam lima pagi. Sehingga udara masih benar-benar segar dan belum tercemari polusi. Selain itu menurut sebuah penelitian orang yang suka melihat matahari terbit konon orangnya lebih memiliki jiwa optimis ketimbang yang tidak. Saya kira hal itu benar adanya. Dalam menjalani keseharian saya merasa lebih bersemangat sekarang ketimbang dulu ketika saya masih suka bangun agak siang.

Tidak lupa setelah berkeringat itu saya minum teh di teras. Mengiringi matahari terbit sambil melakukan pendinginan. Berjalan-jalan kecil sambil menghirup udara dalam-dalam. Kemudian saya membaca koran sekilas. Lalu ketika suhu tubuh benar-benar sudah turun, saya kemudian mandi. Mandinya pun menggunakan air dingin. Badan rasanya segar sekali dan terasa begitu sehat. Baru beberapa bulan saja saya menjalani kebiasaan ini, namun manfaatnya sungguh luar biasa. Saya kiranya akan terus menjalankan ritual pagi ini setiap harinya.