Sajian Khas Pantai yang Wajib Dicicipi di Wisata Kuliner Pangandaran

Ahyari.Net – Pangandaran tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya yang telah mendunia. Bagi Anda yang berencana berlibur ke Pangandaran, sayang jika tidak sekalian mencicipi kuliner Pangandaran yang khas dan cuma bisa Anda dapatkan di Pangandaran.

Pangandaran sendiri merupakan salah satu kabupaten yang terbilang masih baru di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten yang memiliki pusat pemerintahan di Kota Parigi ini dibentuk pada tahun 2012 setelah resmi berpisah dari Kabupaten Ciamis.

Kabupaten Pangandaran terletak di bagian tenggara Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah di sebelah timur serta Samudera Hindia di sebelah selatan.

Sudah sejak lama, Pangandaran dikenal sebagai salah satu tujuan wisata bahari favorit yang ada di Jawa Barat, sehingga banyak sekali kuliner dan jajanan bertebaran di dekat Pantainya. Selain enak dan mampu memanjakan lidah pengunjungnya, kuliner Pangandaran juga merupakan surga bagi para penikmat makanan laut atau seafood.

Tidak lengkap rasanya apabila Anda berwisata ke Pangandaran, tanpa mencicipi sekalian kulinernya. Karena di Pangandaran terdapat makanan khas asli setempat dan rasanya cocok di lidah siapa saja.

Berikut tempat wisata kuliner Pangandaran yang bisa Anda kunjungi untuk menjajal berbagai macam sajian khas ala Pangandaran:

Kampung Turis Pangandaran

Kampung Turis merupakan kawasan kuliner khusus yang berada di pinggir pantai. Jika Anda pernah berkunjung ke Bali, konsep kulnernya akan mengingatkan Anda pada kuliner seafood yang berada di pantai Jimbaran Bali, di mana meja dan tempat duduknya ditempatkan di area simpadan pantai.

Kawasan kuliner milik Pemerintah Kabupaten Pangandaran ini berada di jalan Pamugaran atau masih berada di kawasan objek wisata pantai Pangandaran. Setelah puas berjalan-jalan di sekitar Pantai, Anda bisa datang ke sini untuk beristirahat atau sekedar bersantai menikmati keindahan pantai selaligus memanjakan perut tentunya.

Kampung Turis Seafood Pangandaran Berkah

Kampung Turis memiliki dua blok kawasan kuliner, satu blok khusus berderet resto atau rumah makan seafood, sementara satu blok lagi berdiri sejumlah kafe yang biasa dijadikan tempatĀ ngopi dan hiburan malam.

Di blok khusus rumah makan seafood di Kampung Turis Pangandaran terdapat berbagai menu makanan olahan laut yang rasanya bisa membuat lidah Anda bergoyang nikmat. Pangandaran memang terkenal dengan kuliner seafoodnya, bayangkan saja olahan makanan seafood dipadukan dengan resep makanan khas sunda, akan sangat rugi jika Anda lewatkan. Anda yang berada di hotel dan ingin delivery pun bisa šŸ˜‰

Jadi, jika Anda mencicipi seafood Pangandaran, pasti akan sedikit berbeda dengan seafood di daerah pantai lainnya. Hal tersebut rupanya membuat seafood Pangandaran terkenal dan selalu menjadi buruan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sementara di blok satunya di Kampung Turis terdapat sejumlah kafe yang menyuguhkan hiburanĀ kesenian live musik. Makanan, cemilan dan minuman khas cafe-cafe Pangandaran banyak disajikan di sini.

Wisatawan yang bersantai di tempat ini bukan hanya wisatawan lokal saja, namun juga banyak wisatawan mancanegara. Bahkan, tempat ini bisa dibilang merupakan destinasi favorit para bule saat berwisata di Pangandaran. Hal ini tentu saja, karena kafe-kafe yang berada di Kampung Turis sangat memanjakan pengunjungnya.

Selain menikmati live musik sambil nongkrong bersama ayah, mama, sahabat atau keluarga, pengunjung pun sekaligus bisa menikmati angin pantai dan suara deburan ombak. Karena meja dan tempat duduk pengunjung ditempatkan di area simpadan pantai. Jadi, kalau Anda berwisata ke Pangandaran, pasti akan menyesal jika tidak berkunjung ke tempat ini.

Pindang Gunung

Pindang Gunung merupakan sup ikan berkuah yang dibumbui dengan bumbu khas sunda yang lezat. Makanan ini sudah jadi legenda di Pangandaran dan selalu dijadikan menu andalan oleh sejumlah rumah makan dan warung nasi khas sunda yang berada di Pangandaran. Pindang Gunung memang makanan khas dan asli Pangandaran, sehingga rasanya akan ada yang kurang jika tidak mencicipinya ketika Anda berwisata ke Pangandaran.

Ikan yang digunakan untuk Pindang Gunung biasanya ikan kakap atau ikan tawar yang masih segar. Harga yang dibanderol untuk kuliner ini tidaklah mahal, hanya di kisaran 15 ribu rupiah saja. Pindang Gunung pun mudah Anda temui di sejumlah rumah makan yang ada di kawasan pantai Pangandaran. Anda bisa memesannya dan menikmatinya di pinggir pantai sambil menikmati semilir angin.

Warung Sate Galunggung

Warung sate Galunggung menyajikan sate khas Pangandaran yang lezat. Warung sate ini terletak di Jalan Kidang Pananjung, Pangandaran. Warung sate ini juga bisa dibilang kuliner Pangandaran yang legendaris, karena sudah hadir sejak dari tahun 1970-an.

Tempat makan yang satu ini wajib untuk dikunjungi oleh para penggemar sate. Karena hanya di sini Anda akan menikmati sate ayam dan sate kambing dengan bumbu yang khas Pangandaran yang tentu saja tidak akan Anda temui di tempat lain.

Bakso Podomoro

Bagi Anda penggemar bakso, tempat wisata kuliner Pangandaran ini tidak boleh Anda lewatkan. Kedai bakso ini beralamat di Jalan Kidang Pananjung, lokasinya memang tidak jauh dari Warung Sate Galunggung. Di tempat ini, Anda akan menikmati bakso yang terbuat dari daging sapi asli yang dipadukan kuah kaldu yang sangat sedap.

Es Dawet Pangandaran

Bukan cuma makanan saja yang jadi kuliner Pangandaran yang khas, namun jika Anda kepanasan setelah berjalanā€“jalan di pantai, maka tidak ada salahnya Anda mengunjungi Dawet Pangandaran yang lokasi persisnya ada di Jalan Pangandaran KM 0,1.

Di kedai ini berbagai varian menu minuman khas jadi andalan untuk menghilangkan haus para pengunjung. Varian tersebut diantaranya dawet hitam dawala khas Pangandaran yang jadi favorit wisatawan yang berkunjung

Pondok Pangandaran

Tempat wisata Kuliner Pangandaran berikutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Pondok Pangandaran yang terletak di Jalan Green Ville blok BL-6, Pangandaran.

Di kedai ini banyak menu andalan yang menjadi favorit para wisatawan, sebut saja cumi goreng gurih pedas yang rasanya sangat lezat. Untuk satu porsi cumi goreng gurih pedas ini bisa Anda menikmatinya dengan harga 30 ribu rupiah.

Soto Jarkowi

Setelah Anda puas atau mungkin sedikit bosan dengan menu kedai dan rumah makan (RM), makanan yang dijajakan para pedagang kaki lima juga tidak ada salahnya untuk Anda coba. Walaupun kiosnya hanya saung sederhana yang terbuat dari bambu (bamboo) dan lokasinya berada di pinggir jalan, namun Soto Jarkowi banyak diburu para wisatawan apalagi bagi yang terbiasa sarapan dengan menu soto. Sehingga jangan heran, apabila Anda berkunjung ke warung soto ini, pelanggannya selalu selalu penuh.

Mungkin di berbagai daerah Anda akan banyak menemui menu soto, namun Soto Jarkowi ini memiliki rasa yang berbeda dibanding menu soto di daerah lain. Kuahnya yang bening dan berwarna kuning menjadi ciri khas sendiri yang membuat soto Pangandaran ini banyak dicari para wisatawan. Irisan daging ayam juga begitu lembut, sehingga menambah kenikmatan saat Anda mencicipi kuliner yang satu ini.

Selain itu bihun, kerupuknya yang berwarna merah, dan taburan irisan daun yang menghiasi mangkuk besar soto khas Pangandaran ini menjadikannya Soto Jarkowi ini jadi primadona Kuliner Pangandaran.

Soto di warung Soto ini dijual dengan harga sangat murah mulai dari 10 ribu rupiah. Lokasinya ada di komplek Pasar Pananjung Pangandaran, tidak jauh dari rumah pribadi Menteri Keluatan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata kuliner Pangandaran yang bisa Anda kunjungi ketika berwisata di Pangandaran. Menu khas Pangandaran ditambah sensasi makan di sekitar beach akan membuat pengalaman tersendiri bagi Anda penikmat kuliner.