Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Search Engine Optimization (SEO)

www.ahyari.net – Apapun bisnis internet atawa program yang menghasilkan dollar buat Anda, PASTI membutuhkan traffic (jumlah pengunjung) yang tinggi untuk sukses. Mengapa perlu jumlah pengunjung yang tinggi? Sederhana, karena makin banyak pengunjung maka makin banyak juga yang tahu akan bisnis ataupun program affiliasi yang anda ikuti. Bukan begitu? 🙂

Website dan SEO

Lalu bagaimana supaya situs Anda banyak pengunjungnya? Gampang (kata-kata yang menarik; dari pada ditulis “sulit”? Hehe), salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan SEO. SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. Apa itu SEO? Secara garis besar merupakan teknik optimalisasi bagaimana supaya website/blog yang Anda miliki muncul setinggi-tingginya atau berada pada halaman pertama saat seseorang mengetikkan salah satu kata kunci di hasil pencarian search engine seperti google/ yahoo/ live, dll.

Baca juga:

Dengan memiliki peringkat yang tinggi di search engine, InsyaAllah website/blog Anda makin banyak pengunjungnya, karena secara psikologis, pengunjung senang untuk meng-klik daftar urutan atas di search engine. Logis kan? Kalau nggak percaya, buktikan sendiri saat Anda ingin suatu informasi, dengan mencarinya di google, sangat jarang kita meng-klik halaman kedua apalagi sampai halaman ke-7. Tul, nggak?

Lalu bagaimana teknik SEO yang bagus? Wah kalau untuk yang satu ini ada banyak sekali cara dan versinya menurut masing-masing blogger. Saya juga tidak terlalu paham betul caranya (trus? kenapa nulis postingan ini? wkwkwk). Tapi kalau Anda menjelajah luasnya samudera ilmu di internet, Anda pasti bisa nemuin banyak panduan SEO di internet. Di sana cukup banyak yang membahas. Mudah-mudahan bermanfaat. Blog itu kan singkatan dari Web Log yang artinya kurang lebih adalah “catatan perjalanan saat kita surfing”. Oleh sebab itu jangan aneh jika suatu blog seringkali banyak memuat link-link ke arah suatu situs tertentu karena sang empunya blog merasa “menemukan sesuatu” yang dianggapnya menarik atau bermanfaat bagi blog miliknya (dan mungkin orang lain). Sama seperti diary yang kita tulis jika kita “menemukan sesuatu” dalam perjalanan hidup kita (bagi yang hobby nulis buku harian pasti pada manggut-manggut..)

Agar mendapat pencerahan mengenai masalah SEO serta info terkini tentang teknik-teknik meningkatkan SEO, silakan memantau tulisan-tulisan Saya di Kategori SEO 😉