Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Sehat Saja Tidak Cukup

Untuk menjaga kesehatan tubuh saya rutin berolahraga dua kali dalam seminggu. Olah raga yang saya lakukan adalah bermain basket. Sejak SMP saya menyenanginya dan sejak itu tidak pernah berhenti memainkannya, meskipun kini saya sudah berkeluarga. Saya pernah mencoba olah raga lain seperti sepak bola, bersepeda, hoki, bahkan golf. Tapi bola basket tetap menjadi olah raga favorit saya. Meski memang saya sudah tidak muda lagi untuk mendribel bola sambil berlarian dari satu ujung ke ujung lapangan, melompat dan membidik lemparan ke keranjang atau juga melakukan lay-up, tapi hanya basketlah yang membuat saya bersemangat.

Ada yang bilang basket adalah olah raga high impact yang tidak cocok bagi orang yang berusia. Memang setiap kali pulang bermain basket badan saya lelah luar biasa. Tapi keesokan harinya saya akan merasa sangat fit, dan tubuh saya terasa begitu ringan. Lagipula usia saya belum tua-tua amat, masih 32 tahun. Jadi, masih cukup kuatlah jika diajak berlari dengan anak SMA. Usia hanya angka, tapi semangat tetap anak muda.

menjaga kesehatan

Yang ingin saya ceritakan disini adalah manfaat berolahraga. Selain menjaga kesehatan tubuh, olah raga juga penting untuk menjaga kebugaran. Hal itu sangat vital bagi pekerja seperti saya apalagi sudah berkeluarga. Pasalnya mungkin saja badan kita sehat tapi justru lesu dan tidak bugar. Nah, bagi saya kebugaran itu saya dapatkan dari rutin bermain basket. Jika kita bugar maka kita akan siap mengerjakan apapun. Dengan bugar kita akan lebih bersemangat dalam menjalani keseharian. Maka dari itu bagi saya sehat saja tidak cukup, tapi kita harus mencari cara agar tetap bugar. Berapapun usia kita dan apapun olah raganya. Kebugaran adalah hal penting yang harus kita jaga.