Seperti Apa Proses Operasi LASIK?

GAMBAR LASIK

Bagi pengguna kacamata atau lensa kontak, mata kadang terasa lelah setelah penggunaan dalam durasi lama. Tidak jarang juga aktivitas dan kegiatan Anda sehari-hari terganggu akibat penggunaan alat bantu penglihatan ini (misalnya ketika berolahraga). Satu-satunya solusi jangka panjang untuk mengoreksi gangguan mata dan bebas dari ketergantungan kacamata atau lensa kontak adalah prosedur LASIK.

LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis) adalah prosedur untuk mengoreksi kelainan refraksi. Tidak hanya mengoreksi gangguan mata minus/rabun jauh (miopia), mata plus/rabun dekat (hipermetropia), dan mata silindris (astigmatisma), LASIK juga bisa membebaskan seseorang dari ketergantungan terhadap kacamata atau lensa kontak yang digunakan sehari-hari.

Proses Prosedur LASIK Secara Umum 

Proses pra-LASIK diawali dengan menilai visus pada kedua mata, mengukur tekanan bola mata, menilai topografi dan ketebalan kornea kemudian menilai retina mata Anda. Setelah Anda dinyatakan layak menjadi kandidat LASIK, Anda tinggal mengikuti operasi. Sebelum prosedur, mata anda akan diteteskan obat tetes anestesi sehingga Anda tidak akan merasa sakit.

Prosedur LASIK hanya memakan waktu kurang dari 30 menit. Setelah selesai Anda diperbolehkan pulang dengan memakai kacamata khusus. Anda dianjurkan untuk tidak mengucek mata, menghindari angin, air, asap dan debu selama 1 minggu atau sesuai anjuran dokter. Anda juga akan diberikan obat tetes mata yang digunakan sesuai dengan anjuran dokter.

FemtoLASIK

Apabila metode LASIK terdahulu menggunakan pisau untuk membuat bukaan dari kornea, FemtoLASIK menggunakan laser Femtosecond untuk membuat bukaan pada kornea dan laser excimer untuk mengoreksi kelainan refraksi. Ini membuat femtoLASIK lebih akurat dan aman.

Prosedur FemtoLASIK terdiri dari dua langkah:

  • Pembuatan flap pada lapisan kornea, kemudian proses ablasi lapisan kornea dengan laser untuk menghilangkan koreksi kacamatanya (minus, plus, atau silindris). Pembuatan flap dilakukan dengan teknologi laser femtosecond secara digital.
  • Ablasi kornea dengan laser excimer yang berlangsung selama beberapa detik.

FemtoLASIK berlangsung cepat dan banyak diminati karena rasa nyeri yang minimal serta hasil yang instan.

Trans-EpiLASIK

Trans-epi LASIK adalah prosedur LASIK yang hanya menggunakan laser, memerlukan satu langkah dan tanpa adanya perangkat bedah yang menyentuh mata. Prosedur ini melibatkan pembuatan ablasi pada permukaan kornea dengan sentuhan yang sangat minimal. Pilihan ini diperuntukkan bagi yang memiliki mobilitas yang tinggi serta menginginkan prosedur tanpa bekas yang terlihat.

Sebelum menjalani prosedur LASIK, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata RS Mata SMEC agar Anda memiliki semua informasi yang dibutuhkan.

lasik smec

Ingin LASIK? Segera hubungi RS Mata SMEC. Sebagai salah satu klinik kesehatan mata profesional siap melayani berbagai keluhan mata Anda dan siap membuat mata Anda sehat dan jernih kembali.  Keep Your Eyes Healthy!