Tangani Luka Bakar Yang Benar Dan Aman

www.ahyari.net – Luka bisa saja terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja dan menimbulkan luka memang bisa dialami oleh siapa saja. Bahkan anak kecilpun bisa saja mengalami kecelakaan ketika bermain. Seperti misalnya terjatuh ketika berlarian ataupun jatuh dari sepeda. Luka yang ditimbulkan oleh insiden-insiden yang tidak disengaja tersebut bervariasi. Mulai dari luka yang biasa saja hingga luka yang tergolong cukup berat. Meskipun luka tersebut cukup berat jika dilakukan perawatan yang baik maka luka bisa sembuh dengan segera. Anda harus melakukan cara membalut luka yang benar supaya tidak semakin parah dan juga tidak semakin meluas lukanya. Sebelum itu, untuk lebih lengkapnya Anda dapat mengecek link berikut https://www.id.hansaplast.co.id/majalah/kesehatan-dan-perlindungan/pengetahuan-membalut-luka

Pengetahuan Membalut Luka

Apabila terjadi luka yang cukup serius tentu saja akan membuat lukanya tidak cepat sembuh. Setidaknya dengan mengetahui cara membalut luka yang benar yang benar maka luka akan segera pulih. Cara pertama yang harus anda lakukan adalah bersihkan terlebih dahulu luka yang anda alami. Luka tersebut harus dibersihkan dari kotoran dan juga debu yang memungkinkan menimbulkan infeksi. Apabila memungkinkan gunakan alkohol untuk mencegah infeksi bakteri maupun virus yang disebabkan oleh terbukanya lapisan kulit luar. Pemberrian alkohol dan juga antibiotik khusus untuk luka memang cukup efektif untuk mencegah luka semakin parah. Pemberian antibiotik juga harus dilakukan secara hati-hati agar tidak menimbulkan rasa perih.

Kemudian tutup luka dengan menggunakan kasa dan dituttup lagi dengan menggunakan plester. Kemudian apabila terjadi rasa gatal akibat luka dan pemberian antibiotik maka jangan pernah digaruk. Sebab menggaruk luka akan memperparah kondisi luka dan membuatnya semakin terbuka lebar. Memang tidak bisa dihindari bahwa gatal akan muncul ketika luka dibalut dan rasa gatal itu akan muncul di sekitar luka yang dibalut tadi. Pastikan anda menggunakan plester hansaplas yang sudah berpengalaman untuk merawat luka agar tidak semakin parah. Plester ini dipercaya mampu melindungi luka dari infeksi. Sebab plesternya sudah dilengkapi dengan obat khusus untuk perawatan luka dan menolongnya agar cepat sembuh.