Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Tips Berhemat Untuk Keluarga Berpenghasilan Minim

Memiliki uang yang banyak merupakan kondisi ideal yang diinginkan oleh setiap keluarga. Dengan uang yang banyak setiap orang bisa menabung uang dan membeli semua barang-barang yang diinginkan, seperti mobil, sepeda, rumah, dsb. Namun berbeda halnya jika penghasilan keluarga pas-pasan atau minim. Tentu akan menyulitkan dalam membeli suatu barang. Jika itu terjadi pada anda, anda tak perlu khawatir karena andapun bisa membeli beberapa barang tertentu yang anda sukai asal dengan cara menghemat pengeluaran anda.

tips berhemat untuk penghasilan minimDibawah ini merupakan tips berhemat untuk keluarga berpenghasilan minim:

  1. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan
    Membeli barang-barang yang dibutuhkan merupakan suatu hal yang tak dapat dihindari. Hal ini berbeda dengan membeli barang-barang yang diinginkan. Kebutuhan merupakan sesuatu yang wajib dipenuhi, sedangkan keinginan dapat ditunda. Karena itulah dengan memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, anda dapat menghemat pengeluaran keluarga.
  2. Buat Rencana Keuangan
    Jika anda adalah seorang pegawai atau karyawan yang rutin mendapatkan penghasilan tetap, ada baiknya anda membuat rencana keuangan untuk pengeluaran keluarga anda selama sebulan. Membuat rencana keuangan akan membantu anda untuk bisa mengatur pengeluaran dan membuat skala prioritas. Jika barang yang anda beli belum terlalu dibutuhkan, maka anda bisa menunda untuk membelinya. Dengan begitu keuangan keluarga anda akan terjaga dengan baik.

Demikian beberapa tips berhemat yang bisa dilakukan untuk keluarga berpenghasilan minim. Meskipun demikian untuk jangka panjang anda sebaiknya melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan penghasilan agar kondisi keuangan keluarga anda menjadi lebih baik.