Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Tips Berwisata Aman, Nyaman, dan Seru di Jakarta

Jakarta adalah kota terpadat di Indonesia. Walau demikian, ini adalah kota yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Banyaknya orang yang berkumpul, berbaur dan tinggal di Jakarta dan menyebabkan kota ini memiliki berbagai budaya dan memiliki keragaman wisata yang unik.

Dan tentu saja Jakarta adalah salah satu kota yang memiliki gedung-gedung tinggi, tempat-tempat yang megah seperti berbagai hotel di Jakarta, serta berbagai obyek wisata yang juga menarik.

Namun Jakarta yang ramai tentu tidak lepas dari berbagai kekurangan. Oleh karena itu, anda membutuhkan beberapa tips dan trik yang harus anda ingat dan miliki ketika anda memutuskan untuk berwisata atau berkunjung ke Jakarta.

Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya sedini mungkin dan anda juga harus lebih teliti sebelum menentukan pilihan baik tujuan wisata maupun hotel Jakarta yang akan anda gunakan sebagai tempat menginap.

Berikut adalah tips yang bisa anda simak sebagai informasi dan bekal anda sebelum dan selama berada di Jakarta.

  1. Persiapan
    Daftar wisata Jakarta
    Mulailah membuat daftar serta jadwal kemana anda akan berkunjung. Daftar dan jadwal objek wisata yang akan anda tuju, akan membantu anda dalam mengorganisir semua aktivitas dan kegiatan yang akan anda lakukan disana. Selain itu dengan jadwal yang pasti anda juga bisa menghemat lebih banyak budget dan waktu.

    Kartu Identitas & Tiket
    Yang tidak boleh anda lupakan ketika melakukan persiapan sebelum perjalanan diantaranya adalah tiket perjalanan, ID atau KTP, jangan lupa juga untuk membawa Surat Nikah jika anda pergi bersama pasangan, kemudian cobalah untuk tidak membawa uang terlalu banyak di satu tempat.Bawalah barang secukupnya dan seperlunya saja, karena kemungkinan besar anda akan pulang dengan barang yang lebih banyak. Terlebih, jika anda ingin atau berniat membawa oleh-oleh dari Jakarta.
  2. Transportasi di Jakarta
    Jakarta adalah kota yang padat dan berbagai hal ada disini. Selalulah waspada karena kejahatan bisa terjadi kapanpun. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk pergi ke objek wisata yang akan anda tuju dengan aman. Di Jakarta, moda transportasi yang banyak digunakan adalah Transjakarta dan cukup aman serta bertarif murah. Selain itu anda juga bisa menyewa kendaraan roda empat atau roda dua. Namun, yang perlu anda pertimbangkan bahwa Jakarta rawan dengan kemacetan. Tips yang ketiga jika anda memilih taksi sebagai moda transportasi menuju objek wisata, cobalah untuk memilih taksi yang memiliki reputasi baik. hindari taksi-taksi yang tidak terkenal atau taksi yang tidak bisa dipercaya.
  3. Destinasi wisata Jakarta
    Destinasi wisata atau tujuan wisata Jakarta sangat banyak. Beberapa yang cukup terkenal dan populer di Indonesia maupun di luar negeri di antaranya adalah, Monumen Nasional atau Monas, Istana Kepresidenan, Jalan Surabaya, Gedung Kesenian Jakarta, Museum Wayang, Museum Nasional, Museum Tekstil, Gedung Proklamasi, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan, Kepulauan Seribu, dan masih banyak lagi yang lainnya.Memilih destinasi wisata yang ingin anda tuju harus juga dibarengi dengan pemilihan hotel yang berdekatan dengan lokasi objek wisata. Hal ini untuk menghemat biaya dan waktu anda ketika berkunjung ke destinasi wisata.
  4. Informasi cuaca Jakarta
    Selain terkenal sebagai Kota Metropolitan, Jakarta juga terkenal sebagai salah satu kota yang menjadi langganan banjir. Oleh karena itu anda harus menghindari berkunjung terutama pada musim hujan. Anda juga harus tahu beberapa daerah yang rawan banjir jika anda harus berkunjung pada musim penghujan. Dengan menghindari daerah-daerah tersebut, akan membuat liburan anda atau kunjungan anda menjadi lebih sempurna.
  5. Jadwal even di Jakarta
    Cobalah untuk mengantongi jadwal even-even yang ada di Jakarta sebelum anda berkunjung. Hal ini sangat penting mengingat event tersebut tidak berlangsung setiap saat. Nah, jika anda ingin berkunjung ke Jakarta dan menikmati liburan seru, pastikan anda memiliki jadwal, alamat, serta daftar acara yang akan digelar.
  6. Memilih daftar hotel di Jakarta
    Memilih hotel tidak boleh sembarangan. Anda harus menyesuaikan dengan tujuan anda. Selain itu, anda juga harus menyesuaikannya dengan budget yang anda miliki.
    Hotel di Jakarta Booking Hotel Murah dan PromoDaftar hotel pilihan goindonesia.com yang berlokasi dekat dengan objek wisata boleh dikatakan cukup banyak, dan, ada berbagai pilihan harga. Hotel Jakarta rata-rata memiliki kualitas dan pelayanan yang baik. Walau demikian, anda tetap harus memilih hotel yang berlokasi dekat dengan objek wisata.Hotel di Jakarta tidak menentukan tarif berdasarkan lokasi, melainkan berdasarkan fasilitas serta kualitas yang mereka miliki. Dengan memilih hotel yang berlokasi di tempat yang strategis, akan membuat anda menghemat banyak waktu serta biaya.