Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Tips Dalam Memilih Susu Formula

Susu merupakan minuman yang sudah sangat familiar dan paling banyak dikonsumsi oleh banyak orang. Susu ialah cairan yang memiliki kandungan gizi berwarna putih dan diambil atau diproduksi oleh makhluk mamilia. hewan hewan mamalia yang seringkali digunakan sebagai sumber susu ialah: Sapi, Kambing, Kuda, Domba dan lain sebagainya. Minuman susu ini juga terbagi menjadi beberapa jenis lagi yaitu:

  1. Susu murni, susu yang langsung diambil dari sumbernya yaitu hewan
  2. Susu Full Cream, susu yang mempunyai kandungan lemak minimal 26 %
  3. Susu rendah lemak
  4. Susu bebas lemak
  5. Filled milk, yaitu susu yang kandungan lemaknya sudah diganti dengan lemak nabati yang berasal dari tumbuhan

Jika dilihat dari bentuk olahan susu, salah satu susu yang sangat familiar ialah susu formula. Susu ini merupakan susu yang diberikan orang tua kepada bayi mereka, sebagai suplemen agar bayi tumbuh dengan sehat. Susu formula ini bukanlah susu pengganti ASI ( Air Susu Ibu ), karena jika ibu tidak terkena gangguan maka wajib hukumnya untuk memberikan ASI pada bayi pada waktu usia bayi kurang dari 1 tahun.

memilih susu formula

Kebanyakan para orang tua tidak selektif terhadap susu formula yang mereka berikan kepada bayi mereka. Banyak sekali produk produk susu formula yang telah beredar di pasaran, namun tidak semua susu formula cocok untuk bayi. Maka dari itu ada beberapa cara dalam menentukan susu formula yang tepat bagi si bayi:

  1. Telitilah tentang kandungan gizi yang ada dalam susu formula. Secara umum, susu formula haruslah mengandung kandungan zat DHA, EPA, Taurine, ARA, Nukleotida.
  2. Berikan susu formula kepada bayi anda sesuai dengan karakteristik bayi anda. Semisal, sesuaikan usia bayi dengan usia yang ditetapkan oleh susu formula tersebut.
  3. Jangan terlalu sering mengganti susu formula untuk bayi anda, salah salah nanti bayi akan mengalami diare.

Itulah sekilas gambaran cara mengetahui susu formula yang baik untuk bayi anda.