Tips Hemat Biar Tagihan Listrik Online Anda Tidak Membengkak

tips listrik murah hemat

Layanan listrik yang disediakan oleh pemerintah saat ini diperoleh dari perusahaan BUMN PLN. Mulanya, sistem penggunaan listrik PLN adalah pascabayar yang artinya pembayaran dilakukan diakhir bulan. Namun, akhir-akhir ini sistem pembayaran listrik PLN secara prabayar atau bayar dulu, baru bisa digunakan.

Berbeda dengan listrik prabayar yang dapat mengestimasi penggunaan listrik sesuai jumlah kWh yang tertera di meteran, para pengguna listrik pascabayar tidak dapat membatasi penggunaannya. Namun, adanya aplikasi tagihan listrik online, kini Anda bisa memantaunya setiap waktu. Dengan demikian, ketika tiba akhir bulan, Anda tidak kaget dengan tagihan listrik yang harus dibayar.

Tidak hanya memantau, Anda juga bisa bayar tagihan listrik online dengan mudah. Salah satu aplikasi yang menawarkan pembayaran tagihan listrik online yaitu Bhinneka.com. Tidak hanya digunakan sendiri, Anda juga bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha pembayaran tagihan listrik bagi pengguna lain. Perlu diingat, jatuh tempo pembayaran tagihan listrik PLN adalah tanggal 20 setiap bulannya. Jadi, pastikan lebih giat memasarkan usaha Anda, terutama saat mendekati tanggal jatuh tempo ya!

Selain marketing, teknik penjualan lain yang perlu Anda tingkatkan untuk meraup lebih banyak pelanggan yaitu promo dan bonus edukasi. Promo ini bisa jadi potongan harga atau selisih harga yang lebih miring daripada harga pembayaran tagihan listrik online lainnya. Satu lagi, edukasi. Mungkin, saat cek tagihan listrik online, ada pelanggan yang merasa kaget karena jumlah tagihannya yang melonjak. Nah, Anda bisa berikan edukasi bahwa naiknya tagihan listrik bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Biar hal tersebut tidak terjadi lagi, sarankan beberapa tips hemat penggunaan listrik di bawah ini untuk pelanggan Anda.

Kelola Pemakaian Mesin Air

Mesin air merupakan salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang membutuhkan arus listrik lumayan besar. Pasalnya, untuk start awal, arus listrik tersebut digunakan untuk menggerakkan rotor dari kondisi semula yang diam. Setelah berjalan, kebutuhan listrik akan kembali normal sesuai kapasitas mesin.

Bisa dibayangkan jika Anda terlalu sering menyalakan mesin air, maka akan membuat tagihan listrik menjadi bertambah. Lalu, bagaimana solusinya? Untuk mengatasi hal tersebut, Anda disarankan mengisi penampungan air hingga penuh biar tidak terlalu sering switch on off mesin. Mekanisme tersebut juga berlaku pada peralatan listrik lain, termasuk mesin cuci, setrika, dan televisi.

Gunakan Listrik Prabayar atau Pulsa

Sistem pulsa yang digunakan oleh listrik prabayar membantu Anda lebih teliti dan hemat dalam penggunaan listrik. Pasalnya, setelah kWh listrik Anda habis, maka akan langsung memutus aliran listrik. Oleh karena itu, untuk mengelola penggunaan listrik Anda setiap bulan, alokasikan besar kWh yang dibutuhkan. Kemudian, cek secara berkala sisa kWh untuk mengetahui sejauh mana penggunaan hingga saat itu. Jika dirasa terlalu boros, Anda bisa mengurangi penggunaan perangkat elektronik tertentu, seperti televisi.

Bagaimana dengan sistem listrik pascabayar? Tenang saja, kini Anda bisa cek tagihan listrik online, sehingga penggunaannya lebih dapat dikelola.

Gunakan Lampu LED

Pernahkah Anda mendengar mengenai lampu LED? Ya, jenis lampu ini memang dikenal lebih mahal daripada lampu biasa. Namun, lampu LED memiliki banyak keunggulan, diantaranya hemat energi, lebih terang, tidak panas, dan daya pakai yang panjang.

Cabut Steker Kabel yang Tidak Terpakai

Biasanya, orang-orang lebih suka membiarkan steker kabel tercolok pada aliran listrik non stop 24 jam. Misalnya, steker kabel gadget yang tercolok memudahkan Anda untuk mengisi ulang baterai. Sayangnya, kemudahan tersebut harus dibayar dengan tagihan listrik yang lebih mahal. Oleh karena itu, daripada membuang-buang energi listrik bahkan mengurangi daya guna steker kabel Anda, cabutlah saat tidak dipakai.

Matikan Alat Elektronik di Malam Hari

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk beristirahat bagi setiap orang sekaligus mengoptimalkan penghematan listrik. Usahakan untuk mematikan semua alat elektronik pada malam hari, mulai dari kipas angin, televisi, lampu, dan perangkat elektronik lain yang tidak digunakan.

Setidaknya, tips di atas sudah cukup untuk mengurangi tagihan listrik bulanan Anda. Jika pelanggan teredukasi, bukan tidak mungkin akan semakin mendekatkan relasi Anda dengannya.