Tips Memberi Nama Usaha Baru

cara memilih nama usaha

AhyariNet – Memberikan nama sebuah usaha baru dapat dikatakan menjadi hal yang paling mudah dalam memulai bisnis. Namun juga bisa menjadi sesuatu yang sulit dalam pemberian nama usaha baru. Nama usaha sebaiknya dengan kata atau kalimat yang sederhana dan menarik. Alasannya, nama menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen karena nama yang pertama kali dilihat. Nah berikut ini ada sedikit tips memberi nama usaha baru yang dapat anda terapkan.

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memberi Sebuah Nama Usaha Baru

Selain harus mempersiapkan Contoh Proposal Usaha, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memberi nama sebuah bisnis baru. Pertama apakah nama tersebut sudah digunakan oleh orang lain. Untuk bisa melihat apakah nama itu sudah digunakan cukup mudah. Tinggal buka mesin pencari internet atau melihat di Direktorat jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Kemudian adalah apakah nama perusahaan, bisnis atau usaha terdengar enak di telinga atau mudah diucapkan. Kadang kala jika sebuah nama tak nyaman diucapkan bisa membuat pelanggan malas. Tren terkini juga menunjukkan bahwa perusahaan telah memilih nama antara lima hingga sepuluh huruf dan setidaknya satu konsonan keras contohnya seperti Google, Starbucks, dan Verizon.

Nama Usaha Baru Harus Memiliki Tujuan, Unik, Mudah Diingat, Dan Memiliki Makna

  1. Ingat Tujuan
    Situs pencari kerja di Filipina Kalibrr memilih namanya karena mereka menggunakan platform yang berfokus pada keterampilan pencari kerja yang menggunakan situs mereka. “Kami focus untuk mengkalibrasi kandidat. Menyambungkan antara latar belakang Pendidikan dan segala sesuatu dari pencari kerja dengan mereka yang membutuhkan keahlian dari pencari kerja”, kata Daniel Olivan, manajer pemasaran konten situs Kalibrr. Membuat nama sebuah usaha atau perusahaan harus menggambarkan produk atau layanan yang ditawarkan. Tujuannya adalah agar orang lain dapat dengan mudah mengaitkan gagasan yang relevan dengan nama usaha tau bisnis anda
  1. Jadilah Unik
    Olivan melanjutkan, sangat penting untuk membedakan diri dari perusahaan lain dan memastikan bahwa namanya tersedia bagi anda untuk berubah menjadi sebuah status. Saat anda memilih nama yang menggunakan alliterasi, pastikan nama itu tidak akan berbelit-belit dan menyusahkan saat diucapkan. Bagaimanapun juga saat nama bisnis anda menjadi besar, nama itu akan disebutkan berulang-ulang di radio, atau percakapan video.
  1. Mudah Diingat
    Nama perusahaan harus seakurat mungkin sehingga pelanggan mengingatnya dengan baik. Sesuatu yang sederhana seperti kata ganti dalam sebuah nama bisa memberi ingatan itu. Berhati-hatilah pada pengguna inisial, terkadang penggunaan inisial dapat sangat membosankan. Ya, IBM dan 3M memang menggunakan inisial untuk nama perusahaan mereka, tapi mereka adalah perusahaan ratusan juta dollar yang sudah begitu terkenal, dan sudah berdiri selama beberapa dekade sehingga tidak ada orang yang tidak mengetahui perusahaan mereka. Anda dapat melakukan hal yang sama jika bisnis anda sudah membawa keuntungan yang besar, atau sudah begitu terkenal. Sampai saat itu tiba, pastikan anda menghindari penggunaan inisial untuk nama perusahaan Anda.

    Hindari juga ambiguitas pelafalan banyak perusahaan yang menggunakan nama yang menimbulkan ambiguitas saat membacanya. Beberapa orang bahkan bingung bagaimana cara membaca nama “Flickr”, atau “delicio.us”. nama-nama seperti ini menyebabkan sulitnya pelafalan, dan orang harus berpikir dulu untuk membacakan nama perusahaan anda. Buatlah nama yang bisa dilafalkan siapa saja, tanpa perlu berpikir lagi seperti apa nama itu seharusnya dibacakan.

  1. Memiliki Makna
    Janganlah membuat nama yang seakan-akan ingin menunjukkan bahwa anda adalah segalanya untuk setiap orang. Gunakanlah nama yang dapat mencerminkan maksud anda, dan bidang perusahaan bidang anda. Dengan begitu akan memberi makna dan benefit bagi usaha anda. Gunakanlah nama yang jika dibaca, orang itu akan langsung mengerti tujuan dan bidang usaha anda.

Nah, kalau nama sudah didapat, boleh mencoba merangkai-rangkai proposal bisnis jika ingin mengajukan pinjaman atau kerjasama. Anda bisa melihat-lihat di Contoh Proposal Usaha.