Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

memilih asuransi mobil terbaik

Saat ini, asuransi mobil merupakan salah satu kebutuhan penting bagi beberapa kalangan masyarakat dan menjadi prioritas yang tak boleh disepelekan. Itulah sebabnya beragam pilihan asuransi ditawarkan oleh mayoritas perusahaan asuransi yang ada. Maka tak heran jika sering kali anda dibuat bingung dalam menentukan pilihan. Diantara sekian banyak perusahaan yang menawarkan program asuransi kendaraannya untuk anda, pasti ada beberapa pilihan yang terbaik serta mampu memenuhi segala macam kebutuhan dan keinginan. Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk memperoleh asuransi terbaik untuk mobil anda, yaitu:

Kenali kebutuhan

Dalam hal ini, mengenali kebutuhan yang dimaksud adalah dengan mengetahui dan melihat dengan baik seperti apa jenis asuransi yang anda butuhkan. Tujuannya adalah untuk mempermudah anda dalam menentukan pilihan yang paling tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengenali kebutuhan asuransi kendaraan antara lain:

  • Jenis kendaraan/mobil yang akan didaftarkan asuransi.
  • Usia mobil yang digunakan.
  • Mobilitas penggunaan mobil tersebut.

Perhatikan detail paket yang ditawarkan

Secara garis besar ada dua paket asuransi yang dapat anda pilih, yaitu jaminan comprehensive (all risk) dan jaminan kehilangan (total loss only). Jaminan comprehensive merupakan asuransi yang menjamin hampir keseluruhan resiko kecelakaan, baik besar maupun kecil kecuali hal-hal yang sudah termasuk dalam pengecualian seperti mobil hilang akibat supir pribadi atau orang yang berkerja pada sang pemilik mobil. Sedangkan jaminan total loss only hanya menjamin kehilangan atau kerusakan kendaraan diatas 75% dari nilai mobil anda.

Lihat jaringan perusahaan yang bersangkutan

Hal ini amat penting untuk memastikan bahwa klaim yang anda lakukan suatu saat nanti dapat berlansung cepat. Ketahuilah bengkel mana saja yang rekanan dengan perusahaan tersebut, berapa jumlahnya dan di mana saja letak masing-masing bengkel. Dengan demikian, anda akan memperoleh layanan klaim yang cepat khususnya apabila mobil anda membutuhkan servis di bengkel-bengkel rekanan dari perusahaan asuransi yang anda percayakan.

Berkonsultasi sebelum memutuskan pilihan

Berkonsultasi dengan perusahaan yang menawarkan produk asuransi adalah hal yang patut anda lakukan. Konsultasi itu sendiri bukan hanya ditujukan untuk mengetahui detail paket asuransi mana yang cocok untuk anda, tetapi juga untuk mengetahui kredibilitas perusahaan secara lebih dalam. Beberapa hal yang perlu anda ketahui adalah ada tidaknya fasilitas mobil derek, jasa montir, mobil ambulans, hotline service dan lain sebagainya. Perusahaan yang baik akan focus terhadap produk yang ditawarkan dan memiliki kesiapan infrastruktur serta pelayanan yang baik pula.

Bandingkan biaya/premi

Perbandingan biaya antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya dapat dilakukan dengan memperhitungkan ada tidaknya fasilitas tambahan dan benefit lebih yang diberikan. Dengan membandingkan premi dari satu perusahaan dengan perusahaan lain diharapkan dapat mempermudah anda dalam menemukan paket dari perusahaan terbaik yang sesuai dengan dana asuransi yang anda sediakan sehingga tidak ada kemubadziran dalam memanfaatkan dana yang anda miliki untuk membayar premi asuransi.

Dan tips yang terakhir perlu anda ingat dalam memilih asuransi adalah jangan mudah tergiur dengan tarif menarik yang ditawarkan suatu perusahaan. Harus disadari bahwa persaingan antar perusahaan asuransi kendaraan saat ini sangatlah ketat sehingga mau tidak mau semua perusahaanpun berlomba dalam menawarkan pilihan produk dengan biaya yang miring. Utamakanlah kualitas pelayanan dan kredibilitas perusahaan dalam memilih asuransi mobil agar layanan yang anda dapat merupakan layanan dari perusahaan asuransi yang terbaik.