Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Tips Menciptakan Komunikasi dalam Keluarga yang Efektif

Keluarga merupakan tempat dimana setiap orang bisa berbagi cerita dan pendapat. Dengan saling bercerita ini biasanya timbul sikap saling mengerti dan membantu satu sama lain. Namun, kenyataannya tidak semua keluarga bisa akrab dengan interaksi yang kental. Ada kalanya terjadi kebekuan yang membuat cara berkomunikasi dalam keluarga menjadi dingin bahkan menghilang. Dalam artian, setiap anggota keluarga tiba-tiba bersifat tertutup dan tidak saling peduli lagi.Ini terjadi karena tidak terciptanya komunikasi yang efektif di rumah tangga.

momen kebersamaan keluarga terbaik

Menyikapi hal ini, perlu sekiranya mulai dibangun komunikasi di keluargayang efektif untuk menimbulkan kehangatan. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:

  • Peranan orangtua sangat penting untuk membangun komunikasi di rumah sehingga dituntut berperan aktif dalam mengupayakannya,
  • Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak keluarga untuk duduk bersama sambil menonton film, minum teh, pesta kebun, atau berbagai hal menarik lainnya,
  • Ajak anak bicara dari hati ke hati dan buat anak nyaman untuk mengungkapkan isi hatinya,
  • Selalu bangun kebersamaan dengan menghabiskan akhir pekan bersama atau merencanakan liburan keluarga.

Jika komunikasi dalam keluargatelah dapat dibangun dengan efektif, pastinya setiap keluarga akan dapat menjalin hubungan yang erat dan penuh kehangatan. Anda juga bisa mendapatkan hal yang sama jika Anda mau mengusahakan untuk terciptanya kondisi dimana setiap penghuni rumah mau terbuka dengan saling bercerita untuk berbagi pengalaman yang pernah dirasakan.