Tips Menemani Siswa Saat Mengadakan Paket Wisata

Ahyari.Net – Sebagai seorang guru, tugas Anda tak hanya pada memberikan pelajaran atau materi agar anak didik menjadi pintar dan naik kelas. Ada tugas-tugas lain yang sering kali tidak dipersiapkan sebelumnya seperti tugas mengawal anak-anak saat melakukan wisata bahkan melakukan perencanaan wisata. Hal ini sering terjadi pada guru kelas 5 SD atau kelas 8 sebelum menjelang kenaikan kelas. Guru-guru harus ikut merencanakan kegiatan wisata untuk mendekatkan diri dan memiliki waktu kebersamaan dengan anak didiknya. Meski banyak sekolah memilih untuk mendaftarkan kegiatan tournya dalam paket wisata dari travel agent tertentu namun Anda sebagai guru tetap harus mengawal agar semuanya berjalan sesuai rencana.

Japan Joy Theme Park

Selain guru kelas, akan ada guru lain yang ikut berwisata untuk memastikan anak didik di kawal dengan jumlah yang sesuai. Satu guru bisa mengawal anak didik antara 10 hingga 15 orang sehingga tidak kewalahan. Semakin muda usia anak didik sebaiknya jumlah guru yang mengawal semakin ditingkatkan. Jika anak didik terbagi dalam beberapa bus, sebaiknya jumlah guru yang ikut di dalam bus tersebut juga seimbang jumlahnya.

Meski semua kebutuhan wisata sudah ditangani oleh travel agent penyedia paket wisata, bukan berarti guru pendamping tidak perlu melakukan persiapan khusus. Ada beberapa persiapan yang tetap dibutuhkan apalagi Anda tak akan pernah tahu apa yang bisa terjadi saat berwisata. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan saat mengawal anak melakukan wisata bersama:

  1. Mencatat setiap anak yang ikut berwisata termasuk nomer telepon yang aktif mereka gunakan saat itu dan nomer telepon orang tua atau wali.
  2. Mencatat pembagian kursi bus sehingga dapat diketahui anak X seharusnya ikut dalam bus yang mana.
  3. Membawa perlengkapan obat-obatan untuk keadaan darurat. Termasuk di dalamnya adalah menanyakan apakah ada penyakit yang terkadang muncul atau kambuh pada anak didik.
  4. Membawa alat pengeras suara atau speaker mobile. Meski dirasa aneh pada awalnya namun hal ini akan bermanfaat untuk mengatur anak-anak yang masih muda belia.
  5. Membuat rundown jadwal kegiatan dan membagikannya kepada anak didik.
  6. Membuat peraturan yang perlu diumumkan sebelum berwisata. Peraturan tersebut termasuk peraturan di dalam bus, di lokasi wisata dan di hotel tempat menginap.

Untuk memudahkan Anda mengatur dan merencanakan paket wisata, pilihlah travel agent yang bisa membantu untuk menyediakan paket tour sesuai dengan kebutuhan wisata. Mister Aladin bisa menjadi solusi Anda untuk menyediakan tiket pesawat, tiket kereta hingga sewa kamar hotel, homestay dan villa di lokasi wisata. Mister Aladin juga memiliki beberapa paket tour yang bisa Anda pilihkan untuk menjadi destinasi wisata yang menarik dan unik untuk anak didik dengan harga yang hemat.