3 Tips Untuk Menghindari Penipuan Saat Belanja Online

Selama dekade terakhir, konsumen terus-menerus mengubah cara mereka ingin berbelanja dan pedagang berusaha untuk mengikutinya. Pembeli dengan lancar mencari, membandingkan, dan membeli dari situs online, pasar, aplikasi seluler, toko fisik, dan situs sosial berbelanja kemeja pria. Karena teknologi inovatif membantu pencarian mereka. Konsumen akan terus mencari hingga mendapatkan yang paling sesuai dengan yang mereka inginkan.

Belanja online? Ikuti 3 tips ini untuk menghindari penipuan, belanja akan menjadi aman!

Tips Menghindari Penipuan Online

Shopping online bisa menjadi salah satu cara berbelanja yang menyenangkan. Ada banyak diskon, semua produk tersedia di satu tempat, dalam sebagian besar kasus Anda dapat membandingkan produk dengan sangat baik, tidak ada terburu-buru dan sebagian besar situs menawarkan pengembalian penuh jika Anda tidak menyukai suatu produk. Tetapi pada saat yang sama, ada juga sedikit risiko penipuan. Penipuan bisa jadi barang anda tidak sampai, atau barang yang datang tidak sesuai. Bahkan dalam kasus cash on delivery Anda melakukannya sebelum benar-benar melihat produk secara nyata dan bisa jadi barangnya tidak sesuai dengan foto yang diberikan. Jadi bagaimana Anda bisa menghindari penipu dan meminimalkan risiko saat berbelanja online? Ikuti langkah ini.

  1. Beli dari penjual yang terpercaya dan juga resmi (star seller). Di dunia e commerce belanja online yang resmi salah satunya adalah amazon dan flickpart meskipun situsnya resmi tapi kita tidak pernah mengetahui apakah penjual yang ada disana adalah penjual yang jujur? Kita tidak tahu sehingga sebaiknya untuk menghindari terjadinya penipuan lebih baik kita melakukan transaksi dengan toko yang memang sudah terpercaya dan juga resmi. Contohnya seperti e commerce yang terkena di indoensia seperti shopee, lazada, tokopedia dan e commerce lainnya, biasanya mereka akan mencantumkan bahwa beberapa toko merupakan toko yang star seller yang berarti toko tersebut bukan penipu sehingga dipastikan barang yang kalian pesan akan sampai memang jika tidak ada kendala, dan star seller ini bisa didapatkan dari review banyak orang yang memang pernah membeli dari toko tersebut sehingga dapat kita lihat toko yang memiliki lambing star seller dapat dipastikan merupakan toko yang terpercaya.
  2. Beli barang yang sudah ada di gudang, alias no PO PO (pre-order). Banyak e commerce yang memiliki toko yang memang menjual barang barang pre order, bahkan ada beberapa penjual yang merupakan pihak kedua atau pihak ketiga, di mana dia mendapatkan barang tersebut dari orang lain. Jika anda membeli barang pre order maka kalian akan mendapatkan barang kalian sedikit lebih lama. Di mana setelah konsumen membeli barang-barang ini, proses pengiriman ditangani bukan oleh penjual di mana kalian beli barang tersebut tetapi justru dari tempat di mana si penjual membeli barang dari penjual yang lainnya. Bukan hanya itu saja dengan seperti itu berarti sebenarnya penjual tidak pernah mengetahui kualitas dari barang yang anda beli.
  3. Curigai penjual yang mem bandrol suatu produk dengan harga yang sangat murah. Kita semua akrab dengan kisah-kisah horor belanja online. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah sesuatu seperti: Seseorang melihat produk mahal dijual dengan harga yang sangat rendah. Dia membelinya. Ketika produk dikirim ternyata beberapa potong batu atau plastik atau yang serupa yang datang kerumahnya, atau bahkan barang yang datang sangat berbeda dengan barang yang dipesan.

Dengan berbelanja di tempat yang sudah terpercaya kalian tidak akan khawatir dengan kejadian-kejadian penipuan seperti itum itu merupakan kelebihan belanja di tempat terpercaya yang paling utama.