Tips Merawat Rambut Secara Alami agar Lurus, Lembut dan Sehat

Aktris cantik bernama Marcia Brady yang terkenal memiliki rambut lurus, indah, dan berkilau pernah memberi saran soal bagaimana caranya merawat rambut agar terlihat lebih lurus, terasa lembut, dan tetap sehat secara alami. Salah satunya adalah dengan menyisirnya hingga 100 kali sebelum tidur. Walaupun apa yang disarankan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun jika kamu ingin memiliki rambut yang berkilau dan sehat serta lurus, kamu harus memperhatikan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Rambut Alami Lurus Lembut Sehat

Keinginan melihat rambut sendiri tumbuh lurus dan indah kadang-kadang memaksa kita menggunakan catok untuk meluruskannya. Walaupun bisa menghasilkan rambut yang lurus, namun sayangnya catok-catok biasa berpotensi membuat rambut menjadi kering dan kehilangan kelembaban alaminya.

Jika memang harus menggunakan catok, Pilihlah sisir catok yang hasil inovasi terbaru untuk meluruskan rambut. Sisir elektrik ini jauh lebih aman dan lebih mudah digunakan karena dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru. Harganya pun sangat bersahabat.

Pada dasarnya, kalau kamu menginginkan rambut yang terlihat lurus secara alami, terasa lembut, dan sehat, kamu harus mulai memperhatikan kesehatan rambutmu secara keseluruhan. Kamu masih melindungi rambut dari hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan, serta jangan lupa jalani gaya hidup sehat. Berikut adalah uraian yang lebih jelas mengenai cara merawat rambut agar tumbuh lurus secara alami dan lembut.

Kurangi penggunaan panas seminim mungkin

Panas yang berasal dari sinar matahari maupun dari catok serta air panas yang kita gunakan untuk mandi berpotensi menyebabkan rambut kehilangan kemilau alaminya. Tapi jika rambut Anda bergelombang atau keriting dan ingin terlihat lurus secara alami. Maka, kamu direkomendasikan menggunakan sisir catok.
Sisir catok merupakan alternatif terbaik seperti yang dikatakan oleh seorang dermatologis bernama Jeannette Graf, yang mengatakan, rambut yang diluruskan dengan menggunakan flat Iron yang cara kerjanya kurang lebih sama dengan sisir catok akan membuat area permukaan rambut memantulkan cahaya. Dan itu bukan ilusi belaka, melainkan benar-benar nyata.

Buat rambutmu terlihat lebih hitam

Semakin gelap warna rambutmu, maka akan semakin terlihat berkilau saat dipandang mata. Beberapa cara alami menghitamkan rambut yang bisa kamu coba di antaranya adalah dengan memanfaatkan teh hitam, biji pepaya, minyak kemiri minyak kembang sepatu, minyak zaitun, atau lidah buaya dan buah mangga.

Biasakan makan salad di malam hari

Sebagian besar wanita Indonesia jarang makan sayur-sayuran apalagi sayur-sayuran dalam keadaan segar atau mentah. Sayur-sayuran yang kaya nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan rambut dan membuatnya jadi lebih lembut.

Tambahkan kuning telur yang bisa membantu memproduksi keratin dan membantu pertumbuhan rambut agar terlihat lebih sehat dan berkilau melalui proteinnya dan tambahkan juga minyak zaitun yang bermanfaat sebagai sumber asam lemak omega 3.

Kulit kepala juga membutuhkan makanan bergizi

Rambut yang terlihat berkilau adalah rambut yang kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Menurut penata rambut Johnny Wright bernama Softsheen Carson, ia pernah bekerja untuk Michelle Obama (Istri Presiden ke-44 AS), mengatakan bahwa, kapsul vitamin E bisa dimanfaatkan untuk menutrisi rambut dari luar. Karena kapsul tersebut mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang pertumbuhan rambut.

Ada banyak merek shampoo di luar sana yang sayangnya tidak semuanya tepat dan bagus untuk rambut. Sebagiannya hanya mengandalkan wangi saja, dan sebagian yang lain dapat menyebabkan rambut kering dan susah diatur. Jika ingin memiliki rambut yang sehat dan lembut serta lurus, kamu wajib mempertimbangkan shampo kuda yang tidak dilengkapi dengan pewangi, namun memiliki kandungan nutrisi dan protein serta manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan shampo biasa.

Jangan khawatir, shampo kuda bisa digunakan oleh manusia karena memiliki PH seimbang. Jika tidak yakin, kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan melalui Google untuk mengetahui khasiat shampo kuda seperti mane n tail atau caviar shampo.