Cara Menambahkan Tombol Superscript dan Subscript di Editor Klasik WordPress

Ahyari.Net – Sebelumnya, siapa di sini yang “tidak suka” dengan editor Gutenberg-nya WordPress? Anda tidak sendiri, saya juga salah satu yang masih menulis menggunakan editor klasik WordPress sampai-sampai harus install plugin Classic Editor untuk bisa mengakses editor jadul ini wkwkwk

Sebenarnya, jika menggunakan block editor Gutenberg, untuk membuat fungsi superscript dan subscript di editor WordPress, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Buka editor WordPress Anda dan klik tombol “Tambahkan” untuk menambahkan blok baru ke halaman atau pos Anda.
  2. Dalam blok teks yang muncul, cari dan klik tombol “Format” di toolbar editor. Ini akan membuka menu drop-down yang memungkinkan Anda untuk mengubah format teks.
  3. Dalam menu drop-down tersebut, cari opsi “Superscript” atau “Subscript” dan klik opsi tersebut untuk menambahkan tanda pangkat ke teks Anda.
  4. Setelah menambahkan tanda pangkat ke teks, Anda dapat mengetikkan teks yang ingin Anda jadikan superscript atau subscript.
  5. Jika Anda ingin mengubah teks yang sudah ditandai sebagai superscript atau subscript, klik teks tersebut untuk memilihnya, kemudian klik tombol “Format” lagi dan pilih opsi yang sesuai untuk mengubah format teks tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan fungsi superscript dan subscript ke tulisan dari editor WordPress Anda. Jangan lupa untuk selalu menyimpan perubahan yang Anda buat setelah selesai mengedit halaman atau pos Anda.

Bagi pengguna editor klasik pun (seperti saya), sebenarnya bisa saja masuk ke opsi Text (di sebelah Visual) kemudian memasukan kode HTML <sup></sup> untuk Superscript dan <sub></sub> untuk Subscript. Yang jadi masalah, jika yang diubah banyak (seperti menulis rumus kimia), bakalan rempong dong ya.

Lalu kepikiran, kenapa tidak ditambahkan saja tombol khusus untuk sup dan sub?

Cari-cari cara, ketemulah fungsi memunculkan tombol “tersembunyi” dari penjelasan WordPress tentang TinyMCE yang digunakan mereka di sini. Caranya cukup mudah, silakan ikuti langkah berikut ini:

    1. Buka function.php di theme wordpress Anda (masuk ke Theme Editor). Cari file fungction.php.
    2. Tambahkan kode berikut:
      function my_mce_buttons_2( $buttons ) {	
      	/**
      	 * Add in a core button that's disabled by default
      	 */
      	$buttons[] = 'superscript';
      	$buttons[] = 'subscript';
      
      	return $buttons;
      }
      add_filter( 'mce_buttons_2', 'my_mce_buttons_2' );
    3. Klik Update File
      Edit Themes Function php WordPress
    4. Hasilnya nanti akan seperti ini jika anda membua New Post di editor klasik:
      memunculkan tombol superscript dan subscript pada editor wordpress

Oh iya, jika membutuhkan fungsi untuk menulis yang lebih rumit seperti akar, persamaan pada WordPress, sebaiknya gunakan LaTeX saja 😉

Selamat mencoba!

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...

Google Merevisi Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran dengan Menambahkan E yang baru pada E-A-T

Ahyari.Net - Jika anda merasa aneh membaca judul di atas, anda tidak sendiri. Belum selesai hiruk-pikuk update spam link 12 Desember kemarin, tanggal 15 Desember 2022, Google kembali mengemparkan dunia per-SEO-an. Oke, kembali ke judul, saya tidak salah menterjemahkan,...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!