Ulasan Seputar Gagal Ginjal dan Penyebab Utamanya

Ginjal merupakan organ vital dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai filterisasi pada proses peredaran darah dan cairan dalam tubuh manusia. Selain menyaring darah dan cairan dari berbagai jenis kuman ataupun racun yang masuk dalam tubuh manusia, ginjal juga berfungsi sebagai saluran pembuangan yang menentukan cairan yang tidak diperlukan tubuh untuk dikeluarkan dalam bentuk urin. Fungsi penting dari ginjal inilah yang memang memiliki pengaruh cukup kuat bagi kesehatan organ dalam lainnya dalam tubuh seseorang. Apabila ginjal dalam tubuh seseorang mengalami kendala dalam fungsinya, maka sudah barang tentu kinerja dari organ lainnya pun dapat terganggu dengan signifikan.

Kerusakan yang terjadi pada ginjal baik dalam tahapan kecil ataupun besar, biasanya akan banyak disebut sebagai penyakit gagal ginjal. Penyakit ini sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena fungsi ginjal dalam tubuh seseorang tidak lagi optimal. Fungsi ginjal tersebut bahkan akan terus mengalami penurunan hingga ginjal tersebut tidak lagi dapat berfungsi, jika memang tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Kondisi kerusakan ginjal ini biasanya akan lebih disebabkan karena adanya pola konsumsi makanan yang tidak sehat, serta gaya hidup yang memang tidak sehat pula sehingga menimbulkan penyakit yang dapat memberikan tekanan pada bagian ginjal seseorang.

kidney illustration

Berikut ini beberapa penyakit penyebab terjadinya gagal ginjal kronis, dalam tubuh seseorang akibat adanya pola dan gaya hidup tidak sehat, yang antara lain adalah:

  • Hipertensi, merupakan penyakit meningkatnya tekanan darah dalam tubuh seseorang. Penyakit inipun dapat menyebabkan seseorang mengalami kerusakan pada fungsi ginjal mereka, yang memang secara langsung terkait dengan system peredaran darah manusia. Tekanan darah yang tinggi, akan mengakibatkan ginjal bekerja lebih keras sehingga kerusakan pun akan dapat menyerang.
  • Diabetes yang merupakan penyakit dimana kadar gula dalam darah lebih tinggi dari kadar standar gula dalam darah. Penyakit yang satu ini pun juga dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal manusia, karena memang dapat menyebabkan kinerja dari ginjal menjadi lebih keras.
  • Batu ginjal, yang merupakan penyakit penyumbatan pada saluran pembuangan ginjal menuju kandung kemih ini juga dapat menyebabkan adanya kerusakan lebih lanjut pada bagian ginjal manusia, karena system dan kinerja dari ginjal menjadi terganggu.

Berbagai penyakit lain yang terkait dengan system peredaran darah dalam diri manusia, biasanya juga akan dapat menyebabkan kerusakan pada bagian ginjal seseorang. Untuk menghindari hal tersebut maka mengubah pola hidup dan kebiasaan Anda yang tidak sehat haruslah dilakukan dengan segera. Hindarilah mengkonsumsi berbagai jenis makanan cepat saji yang memang dikenal mengandung berbagai bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia. Makanan yang mengandung banyak lemak tak jenuh pun harus Anda hindari untuk mencegah timbulnya penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal Anda.

Perbanyaklah minum air putih ataupun air mineral, dimana air ini dapat membantu proses penyerapan ataupun absorpsi dalam darah, sehingga kinerja dari ginjal pun akan menjadi lebih ringan. Jika kerusakan dalam ginjal telah terjadi, biasanya ahli kesehatan akan menyarankan bagi penderitanya untuk dapat melakukan treatment pencucian darah, untuk menjaga kebersihan darah dalam diri penderita gagal ginjal.

Namun jika kerusakan hanya terjadi pada satu bagian ginjal saja, biasanya seorang penderita gagal ginjal akan disarankan untuk dapat melakukan diet garam ketat, dimana memang garam akan dapat memperberat kinerja dari ginjal dalam melakukan penyaringan darah. Selain diet garam secara ketat, pembatasan kinerja fisik pun harus dilakukan, agar nantinya tidak memperburuk kondisi bagian ginjal yang masih berfungsi dengan baik.