Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Hindari SEO yang seperti ini

Siapa pun yang ingin mengetahui tentang SEO (Search Engine Optimization) tahu bahwa SEO bukanlah sesuatu cepat yang bisa tercapai dalam satu malam. Tidak ada satu software atau tool SEO yang mampu memperlihatkan hasil SEO yang Anda terapkan dalam sehari. Kecuali Anda bisa sihir 😆

Intinya, diperlukan waktu untuk melihat hasilnya, yang terkadang bahkan bisa membuat si pemilik web/blog menjadi frustasi 😀 Betul? Pemilik website kadang-kadang ingin melakukan semua yang mereka bisa untuk mempercepat proses. Tentu saja ini adalah ide yang buruk. SEO tidak dimaksudkan sebagai solusi cepat dalam menampilkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Berikut ini adalah beberapa teknik SEO yang harus Anda hindari.

Baca juga:

Tidak Melakukan Riset Kata Kunci

Langkah pertama dari project SEO yang ingin Anda terapkan adalah melakukan riset atau “meneliti” kata kunci untuk setiap halaman dari sebuah website. Jelas ini pekerjaan yang memakan waktu, terutama untuk situs yang memiliki lebih dari lima puluh halaman :mrgreen:

Beberapa pemilik situs berpikir bahwa:

tidak apa-apa jika melewatkan langkah ini karena mereka “sudah tahu keyword apa yang mereka incar”

Mungkin mereka tahu kata kunci apa yang mereka inginkan, tetapi pertanyaan selanjutnya adalah apakah kata kunci yang mereka pilih adalah kata kunci yang terbaik? Anda tidak akan mengetahuinya sampai Anda melakukan riset yang mendalam tentang kata kunci tersebut. Riset kata kunci memberikan informasi kepada pemilik website berupa wawasan yang baru dan data kata kunci. Data ini sangat penting untuk menargetkan kombinasi dari kata kunci yang lebih umum serta yang menjurus ke niche (umumnya termasuk kategori Long Tail Keyword).

Setiap Halaman Tidak Dioptimasi

Pemilik website sering berpikir bahwa mereka tidak perlu untuk mengoptimalkan setiap halaman, hanya halaman yang “penting” saja yang dioptimasi. Tunggu dulu kawan, apakah semua halaman itu tidak penting? Semua halaman web melayani suatu tujuan dan jika halaman lain tidak dioptimasi, pertimbangkan untuk menghapusnya sama sekali. INGAT! Mesin pencari memberikan peringkat halaman web secara individu. Artinya, jangan berharap domain utama mendapat PageRank tinggi jika halaman-halaman di dalamnya tidak teroptimasi dengan baik. Search engine “menghitung” situs secara keseluruhan, bukan halaman yang kita anggap penting saja. Halaman-halaman yang ada di dalam suatu web, jika memiliki “kualitas” akan turut serta memberikan kontribusi yang lebih baik pada halaman homepage; apalagi jika kata kunci yang telah diriset sebelumnya ternyata mendukung kata kunci utama yang ingin kita incar. Tidak apa-apa untuk mengoptimalkan secara bertahap jika itu proyek besar, tetapi pada akhirnya setiap halaman WAJIB mendapat perhatian dari SEO yang Anda terapkan; demi hasil yang lebih optimal.

Tidak ada Meta Tag

Meta tag memang bukan faktor penentu peringkat seperti dulu, namun meta tag masih memiliki maksud tersendiri dalam praktek SEO. Misalnya, Judul tag adalah link yang dapat diklik sehingga bisa diindeks oleh mesin pencari. Deskripsi meta tag yang ditemukan di bawah judul pada halaman hasil pencarian seperti “promosi dagang”. Ini harus mencakup kata kunci dan “menarik” perhatian si calon pengunjung unutuk mengklik halaman Anda. Contoh lain: Tag H1 adalah “header” dari halaman dan teks pertama yang akan dibaca oleh bot pada setiap halaman; Tag img menjadi berguna karena si spider mesin pencari tidak bisa “melihat” gambar, sehingga tag img memberikan kesempatan untuk menampilkan kata kunci yang dioptimasi.

Membeli Link

Links shouldn’t be bought, they should be earned.. Mesin pencari tahu bedanya. Kebanyakan link yang dibayar tidak memiliki nilai yang begitu baik. Terbukti dengan dibanned masal Blog Network dari beberapa penyedia Paid Link beberapa waktu yang lalu. Seharusnya, backlink diperoleh dari konten berkualitas yang kita sajikan untuk membangun inbound link yang relevan serta untuk mendapatkan kepercayaan dengan mesin pencari. Dalam beberapa kasus, ada juga yang secara suka rela memasang backlink kita karena mereka senang dengan tulisan atau gaya kita menulis.

Kiranya cukup sekian. Ingat! Saya bukan seorang master SEO. Saya hanya menyukai dunia SEO. Jika Anda bertanya apa dengan begini bisa menang kontes SEO? Saya akan menjawab bahwa ANDA SALAH KAPRAH TENTANG SEO. SEO sejati bukan untuk kontes SEO yang memiliki tengat waktu tertentu. SEO sejatinya berfungsi agar web atau blog kita menjadi lebih mudah ditemukan di mesin pencari, dan bertahan lama; bukan hanya sesaat. Kejarlah keyword Abadi, maka Anda tidak akan kekurangan visitor. Maka dari itu, lakukan riset, optimasi setiap halaman, sertakan meta tag (awas duplikat meta tag) dan bangun link yang berkualitas dengan cara yang baik. Memang tidak instan, tetapi hasilnya dapat bertahan lama.

Jika ada master SEO yang kebetulan lewat dan ingin mengkoreksi atau menambahkan, dengan senang hati saya akan mempublish komentar Anda 😉

Salam belajar SEO untuk Pemula