Beberapa Macam Syntax Google yang Mungkin Berguna

Syntax atau "Operators in search" adalah operator khusus yang bisa digunakan saat melakukan pencarian di Google. Dengan menggunakan operator ini, Anda bisa melakukan pencarian yang lebih spesifik dan mendapatkan hasil yang lebih relevan.

Ahyari.Net – Di bawah ini akan dijelaskan tentang perintah khusus pada Google, dan akan dijelaskan pengertian dan penggunaan dari tiap–tiap perintah untuk mendapatkan informasi “tersembunyi” dan sangat penting. Yang pasti, gunakan kata-kata yang sederhana dan jelas. Jangan menggunakan kalimat yang terlalu panjang atau rumit, karena hal ini bisa membuat hasil pencarian tidak relevan.

  • Gunakan tanda kutip (” “) untuk mencari frasa atau kata-kata yang tepat. Misalnya, jika Anda mencari apa itu SEO?”, maka hasil pencarian akan memunculkan halaman-halaman yang mengandung frasa “apa itu SEO?” secara tepat.
  • Gunakan tanda plus (+) untuk mencari kata-kata yang harus ada dalam hasil pencarian. Misalnya, jika Anda mencari inteligen+buatan, maka hasil pencarian akan memunculkan halaman-halaman yang mengandung kata “inteligen” dan “buatan” (baik secara terpisah maupun bersama-sama).
  • Gunakan tanda minus () untuk mengecualikan kata-kata dari hasil pencarian. Misalnya, jika Anda mencari inteligen -buatan, maka hasil pencarian akan memunculkan halaman-halaman yang mengandung kata “inteligen” tapi tidak mengandung kata “buatan”.
  • Gunakan tanda tilde (~) untuk mencari sinonim kata-kata. Misalnya, jika Anda mencari ~inteligen, maka hasil pencarian akan memunculkan halaman-halaman yang mengandung kata-kata yang berkaitan dengan inteligen, seperti “otak”, “kecerdasan”, dan sebagainya.
  • Gunakan tanda asterisk (*) sebagai wildcard untuk mencari kata-kata yang tidak Anda ketahui secara tepat. Misalnya, jika Anda mencari perkembangan * di Indonesia, maka hasil pencarian akan memunculkan halaman-halaman yang mengandung frasa “perkembangan” diikuti oleh kata apa pun di Indonesia.
  • “intitle:” ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan judul yang mengandung informasi pada topik yang dimaksud.
    Sebagai contoh pada pencarian, “intitle: password admin” (tanpa tanda kutip). Pencarian akan mencari page yang mengandung kata “password” sebagai judulnya dengan prioritas utama “admin“.
  • Jika pada pencarian terdapat dua query pencarian utama, digunakan sintaks “allintitle:” untuk pencarian secara lengkap.
    Sebagai contoh pada pencarian “allintitle:admin mdb“. Maka pencarian akan dibatasi pada dua subjek utama judul yaitu “admin” dan “mdb“.
  • inurl: ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan semua URL yang hanya berisi kata kunci informasi yang dimaksudkan.
    Sebagai contoh pencarian dalam pencarian,
    inurl: database mdb. Pencarian akan menghasilkan semua URL yang hanya mengandung informasi tentang database mdbHal yang sama juga berlaku pada sintaks ini, jika terdapat dua query pencarian utama, digunakan sintaks “allinurl:” untuk mendapatkan list url tersebut.
    Sebagai contoh pencarian “allinurl: etc/passwd“ , pencarian akan menghasilkan URL yang mengandung informasi tentang “etc” dan “passwd“. Tanda garis miring slash (“/”) diantara dua kata etc dan passwd akan diabaikan oleh mesin pencari Google.
  • site:” ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian suatu query informasi berdasarkan pada suatu situs atau domain tertentu.
    Sebagai contoh pada pencarian informasi: “
    waveguide site:ulm.ac.id” (tanpa tanda kutip). Pencarian akan mencari topic tentang waveguide pada semua halaman yang tersedia pada domain ulm.ac.id.
  • cache:” akan menunjukkan daftar web yang telah masuk kedalam indeks database Google. Sebagai contoh:
  • cache:apoteker.net“, pencarian akan memperlihatkan list yang disimpan pada Google untuk page apoteker.net
  • filetype:” ialah sintaks perintah pada Google untuk pencarian data pada internet dengan ekstensi tertentu (i.e. doc, pdf or ppt etc).
    Sebagai contoh pada pencarian : “
    filetype:doc site:go.id confidental” ( tanpa tanda kutip). Pencarian akan menghasilkan file data dengan ekstensi “.doc” pada semua domain go.id yang berisi informasi “confidential”.
  • link:” ialah sintaks perintah pada Google yang akan menunjukkan daftar list webpages yang memiliki link pada webpage special.
    Sebagai contoh:”
    link:teknologi.info” akan menunjukan daftar webpage yang memiliki point link pada page SecurityFocus.
  • related:” sintaks ini akan memberikan daftar web pages yang serupa dengan web page yang di indikasikan.
    Sebagai contoh: “related:www.example.com“, pencarian akan memberi daftar web page yang serupa dengan homepage Securityfocus.
  • intext:” sintaks perintah ini akan mencari kata kata pada website tertentu. Perintah ini mengabaikan link atau URL dan judul halaman.
    Sebagai contoh : 
    intext:admin” (tanpa tanda petik), pencarian akan menghasilkan link pada web page yang memiliki keyword yang memiliki keyword admin.

Beberapa query sintaks diatas akan sangat membantu dalam pencarian data dan informasi lebih detail.

Google dapat menjadi mesin pencari untuk menggali informasi tertentu dan rahasia, informasi yang tidak diperkirakan yang dapat memberitahukan sisi lemah suatu sistem. Hal tersebut yang dimanfaatkan oleh sebagian individu untuk melakukan penetrasi suatu server atau sistem informasi.

Periksa hasil pencarian dengan seksama, dan jangan langsung percaya pada halaman-halaman yang muncul di halaman pertama. Selalu cek sumber informasi dan pastikan bahwa informasi yang ditampilkan benar dan dapat dipercaya.

Jika Anda tidak menemukan apa yang Anda cari, coba modifikasi kata kunci atau ubah cara pencarian Anda. Misalnya, coba gunakan sinonim kata-kata atau gunakan wildcard (*) untuk mencari kata-kata yang tidak Anda ketahui secara tepat.

Jika Anda masih tidak menemukan apa yang Anda cari, coba bertanya kepada orang lain atau cari informasi di sumber-sumber lain, seperti buku, jurnal, atau situs-situs lain yang mungkin memiliki informasi yang relevan.

Akhir kata, gunakan informasi ini dengan bijak 😉

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Kontes SEO Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Ahyari.Net - Bagi Anda yang memiliki blog dan website serta hobi menulis, kini ada kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam dunia SEO dan penulisan artikel melalui lomba SEO Blog Kontes VIO Optical Clinic. Lomba ini berlangsung selama 3 bulan,...

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!