Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace (studi kasus)

Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace ? Ciee.. Gaya betul judulnya.. Studi kasus? Begini, Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace merupakan kata kunci baru yang diperlombakan. Istilah kerennya sih SEO Contest πŸ™‚ Lantas, apa yang akan kita telusuri kali ini? Nah, kali ini, kita akan membahas pengaruh kecepatan update server/hosting terhadap posisi di search engine. Mengapa begitu?

Begini, setiap server memiliki kecepatan update berbeda-beda. Dan ini sangat menentukan proses index google. Secara sederhana, semakin cepat update suatu server, maka akan semakin cepat pula artikel atau tulisan yang baru dipublish nonggol di mesin pencari utama (di sini parameternya adalah google).

Hal ini Saya buktikan sendiri. Tadi malam (21 April 2010), Saya menulis 3 buah artikel di 3 blog berbeda dengan selang waktu 10 menit untuk 1 artikel. Berikut urutan skematis hasil pencarian untuk kata kunci “Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace” berdasarkan urutan tulisan mana yang paling awal ditulis beserta hasil SERP (Search Engine Result Position):

1. BLoG kiTa, artikel bisa dibaca di Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace (dalam 8 menit sudah menembus halaman 4 dan dalam waktu kurang dari 40 menit sudah menjadi no.2)

Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace
Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace

2. eMAGaZine, hasil tulisan ada di Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace (Maaf tidak sempat membuat screenshot); halaman 2 (urutan 12) dalam waktu 40 menit.

3. ComLuv’s Blog, yang bisa ditelusuri di Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace (Maaf, yang ini juga tidak sempat diambil screenshot); dalam 40 menit “hanya” mampu bertengger dihalaman 4.

Studi Kasus Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace

Nah, secara singkat, jika dilihat dari SERP sementara tersebut, apa yang bisa Anda simpulkan? Terlepas dari jumlah in/outbound link, secara tidak langsung kecepatan update server ikut berperan juga dalam proses indexisasi. Pernahkah Anda melihat penyedia layanan server/hosting memaparkan kecepatan server mereka? Bukan kecepatan dalam hal up/loading data, melainkan kecepatan server untuk memberikan ping terhadap beberapa bot search engine. Pernahkah Anda melihatnya? Kalau Saya pribadi, “belum”.

Jadi, sebelum memutuskan server/hosting mana yang ingin Anda sewa, ada baiknya melihat lebih jauh ke dalam. Cara yang paling gampang adalah dengan melihat update melalui rss feed melalui perangkat berbeda (bisa browser berbeda, atau handphone). Seharusnya, jika kecepatan updatenya menganut paham real time, maka, saat Anda mempublish tulisan, seketika itu juga RSS Feed Anda akan terupdate.

Saya pernah menjumpai beberapa blog yang mereka menulis hari ini, RSS Feed-nya baru muncul 3 hari bahkan 1 minggu kemudian. Hueeh.. Lama betul.. Kalau blog Anda berfungsi sebagai eCommerce, sudah hampir dapat dipastikan bahwa informasi produk Anda akan selalu tertinggal; karena selalu terlambat updatenya πŸ˜›

Oh iya, ada satu cara lagi mudah untuk mengetahui seberapa cepat server yang Anda sewa. Coba daftarkan alamat RSS Feed Anda ke TwitterFeed (syaratnya, Anda harus memiliki akun twitter). Jika server Anda cepat, hanya selang beberapa menit (paling lama 30 menit) setelah Anda menulis artikel di blog yang Anda daftarkan ke twitterfeed, tulisan Anda tersebut juga akan terpublish di akun twitter Anda. Silakan coba. Jika ternyata lebih dari 30 menit tulisan yang baru Anda tulis tidak muncul di akun twitter Anda berarti ada 2 sebab, yang pertama karena server twitter overload dan yang kedua karena server Anda kurang cepat. Namun, yang pertama sangat jarang terjadi. Hampir 90% keterlambatan akibat kecepatan server yang tidak maksimal.

Jadi, inilah yang Saya sebut studi kasus. Mohon maaf jika terdapat salah-salah kata. Selanjutnya, jika memang posisi “peluncuran” Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace di awal penulisan bagus, tinggal bagaimana kita mencari dukungan backlink yang berkualitas (nah.. ini yang paling sulit karena kesibukan tidak mengizinkan untuk full bertarung di ajang kontes SEO Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace ini =)) ).

Ada yang ingin menambahkan? Mari berbagi…… πŸ˜‰

*ah ya.. jika screenshot di atas terlalu kecil, bisa ke sini untuk melihatnya πŸ˜€
**domain tampaknya tidak begitu berpengaruh. Coba perhatikan screenshot tersebut, *.com , *.info , *.net bisa saja bersaing πŸ™‚

Update Posisi Ahyari Network untuk Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace

Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace
Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace

Ternyata tulisan ini berhasil masuk ke halaman 7 setelah 1 jam. Yaah.. lumayan.. karena via google.com, sehingga kurang maksimal jika tulisan dalam bahasa Indonesia. Namun, secara keseluruhan memuaskan πŸ™‚

Silakan klik disini untuk melihat previewnya πŸ˜‰