Tukeran Link dengan PageRank 5?

Tukeran Link dengan PageRank 5? Siapa yang tidak ingin? Siapa yang akan menolak tawaran ini? Terlebih blog milik kita masih memiliki PageRank yang jauh di bawah PR5 atau mungkin PR3, PR2, bahkan PR0? Anda mau? Saya juga! :mrgreen:

Eits! Tapi tunggu dulu. Ternyata dunia internet itu kejam kawan. Beberapa menghalalkan segala cara untuk meraih yang namanya link berkualitas (link relevan dan memiliki rank yang tinggi). Perhatikan cerita singkat di bawah ini tentang pentingnya link (lazimnya disebut backlink):

Si Udin Sedunia memiliki blog (PR1) dengan niche (tema/topik) Gadget tentang iPad. Menurut mbah Google, blog kita akan kuat posisinya di hasil pencarian (SERP) jika memiliki (salah duanya) konten yang unik dan memiliki backlink yang relevan. Nah, sehingga si Udin Sedunia mengontak Briptu Norman yang kebetulan memiliki blog (PR6) yang juga berniche tentang Gadget tentang aksesoris iPad murah. Jika kesepakatan tercapai, dapat dikatakan udin berhasil mendapatkan backlink. Jika isi kesepakatan Briptu Norman mau memasang link si Udin Sedunia dan Udin tidak perlu memasang link Norman, maka disebut One Way Backlink. Jika mereka bertukar link, ini disebut Two Way Backlink. Yang lebih baik? Tentu saja One Way Backlink (katanya sih 😛 ). Tapi, Two Way juga tidak apa-apa jika PR blog yang memberi link lebih tinggi dari PR blog kita.

Nah, dalam “kasus” saya, ada seseorang yang mengontak saya melalui email untuk bertukar link dengan blog PR5 miliknya. Padahal milik saya hanya ber-PR0. Perhatikan isi emailnya:

Dear Webmaster

My name is Loren Krips, Web Marketing Consultant. Ive greatly enjoyed looking through your site www.newportbeachhouses.info and I was wondering if you’d be interested in exchanging links with my website, which has a related subject. I can offer you two home page links back from any of my related websites all in google cache and backlinks which are:

bazillionsound (dot) com PR 5
youthandfamilyinstitute(dot)net
powertohelp(dot)net

If you are interested, please send me the following details of your site:

TITLE:
URL:

I’ll add your link as soon as possible, in the next 24 hours. As soon as it’s ready, I’ll send you a confirmation email along with the information (TITLE and URL) regarding my site to be placed at yours.

I hope you have a nice day and thank you for your time.

Kindest regards,

IF YOU’D LIKE TO MAKE SURE WE DON’T CONTACT YOU AGAIN, PLEASE FILL IN THE FOLLOWING FORM: emailsnomore(dot)com ; PLEASE ACCEPT OUR APOLOGIES FOR CONTACTING YOU.

See? Ada salah satu yang ber-PR5. Oh… Beruntungnya saya, ada orang baik begini 😀 Kemudian saya buka lah website tersebut. Setelah terbuka, saya lihat indikator PageRank pada Google Toolbar: 5.

PageRank 5 FAKE di Google Toolbar
PageRank 5 FAKE di Google Toolbar

YES! Benar-benar PR5 pikir saya. Tapi itu saja belum cukup. Anda harus memastikan di Google dengan mengetikkan:

info:namadomain.com

Check FAKE PageRank di Google
Cekk FAKE PageRank di Google

Nah kan, perhatikan screenshot di atas; yang kita cek ada kata “sound“. Eh, yang muncul malah “pictures“. Benarkan? Memang PR5, tapi FAKE (palsu). Makanya kalau orang jualan domain, selalu ada statement “dijual: domain PR6 Valid (asli)”.

Screenshot Fake PR
Fake PageRank Terdeteksi

So, jika Anda pernah atau nanti menerima email yang “kurang lebih” begitu isinya, cek dulu. Tapi kalau memang ingin bertukar link tanpa memperhatikan PageRank sih tidak apa-apa. Kalau saya pribadi menyebut email seperti itu PENIPU! =))

Tentu saja hal yang saya tulis di atas tidak berlaku bagi blogger yang menulis dengan hati; yang ngeblog tanpa memperhatikan peringkat; pokoke nulis aja 😀 . So, bagaimana pendapat Anda?

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...

Google Merevisi Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran dengan Menambahkan E yang baru pada E-A-T

Ahyari.Net - Jika anda merasa aneh membaca judul di atas, anda tidak sendiri. Belum selesai hiruk-pikuk update spam link 12 Desember kemarin, tanggal 15 Desember 2022, Google kembali mengemparkan dunia per-SEO-an. Oke, kembali ke judul, saya tidak salah menterjemahkan,...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!