Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Facebook Banyak Negatifnya?

Masih ingat tentang fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) beberapa waktu lalu tentang facebook? Tulisan kali bukan membahas tentang haram atau tidak-nya facebook. Tulisan ini murni sebuah opini. Opini hati yang miris melihat anak muda zaman sekarang yang menyalah-gunakan kepintaran facebook. Apa sebabnya? Malam Hari ini, Saya kaget bukan kepalang melihat suatu halaman di facebook. Halaman apakah itu?

Sebelumnya, facebook diciptakan dengan tujuan mulia yakni, untuk menjalin silaturahmi dengan teman lama yang terpisah jauh ataupun mempererta kekerabatan. Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi yang dimiliki facebook, semakin bertambah pula aplikasi ataupun program penunjang untuk memanjakan para member. Sebut saja aplikasi music player yang membuat halaman profile kita menjadi full music; atau aplikasi untuk meletakan gambar ataupun foto (istilah kerennya sih Media Upload); sampai kepada pembuatan suatu “halaman khusus”.

Halaman khusus ini semula diperuntukan untuk para seleb ataupun public figure yang notabene memiliki fans segudang. Yang menjadi masalah, siapapun bisa membuat “halaman khusus” ini. Misalnya, jika Saya ingin membuat suatu halaman untuk para fans Ahyari Network ini (emang ada? πŸ˜› ), Saya cukup create a page dan tadaaaa.. jadilah satu buah halaman fans milik Saya. Lho? Lantas? Apa Masalahnya?

Nah.. ini dia yang musti jadi perhatian pemerintah dan orang tua. Apa Anda-Anda pengguna Facebook pernah menemukan “halaman khusus” tersebut dengan content dewasa? dengan judul (maaf) “3GP Indonesia Download” atau “Hobby ML” dan lain-lain yang semuanya mengarahkan kepada perilaku yang dilarang oleh agama dan pemerintah?

Jika Anda menelusuri dengan seksama, ada puluhan, bahkan ratusan (atau mungkin ribuan?) halaman dengan isi nyeleneh. Terus terang, hal seperti ini akan mencemari pikiran-pikiran pemuda (i) penerus bangsa ini kelak. Mau dibawa kemana Bangsa Indonesia ini kelak?

Anehnya, Saya belum pernah sekalipun mendengar adanya tindakan tegas dari pihak berwenang (mudah-mudahan ada pihak berwenang yang kebetulan blogwalking dan menemukan tulisan ini πŸ˜€ ). Yah.. akhir kata, semua kembali kepada diri kita masing-masing. Kalau Saya sih, kalau bisa halaman tersebut dibanned mengingat pengguna Facebook tidak hanya orang dewasa, bahkan anak SD saja saat ini memiliki akun Facebook..

*Judul di atas mengatakan “Banyak”, di sini hanya ditampilkan salah satunya. Masih banyak lagi seperti “Pembagian Link Download ebook GRATIS” yang pada dasarnya adalah ebook berbayar; dengan kata lain, melanggar hak cipta, jelas ini meruntuhkan kreatifitas dan merugikan Bangsa Indonesia. Ada yang ingin menambahkan? πŸ˜‰

–Mari kita renungkan bersama.. Mari Mengembalikan Jati Diri Bangsa Indonesia dengan hal-hal yang bisa kita lakukan (iklan =)) )–