Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Pendapatan Iklan Facebook Naik Kembali

Pada kuartal ke-3 tahun 2012, Facebook Inc. sebagai perusahaan jejaring sosial dikabarkan mendapat kenaikan pendapatan iklan. Kontribusi pendapatan terbesar sebesar 14% oleh iklan ponsel dan komputer tablet; senilai US$ 150.000.000,- dari total keseluruhan pendapatan iklan.

Iklan Facebook Meningkat
Iklan Facebook Meningkat

Mengingat pada kuartal ke-2, yang “hanya” senilai US$ 40 hingga 50 juta, pendapatan pada kuartal ke-3 jelas mengalami kenaikan. Bahkan, dalam kuartal ke-1, tak sepeser pun perusahaan mendulang pendapatan dari iklan di handphone.

“Ini membuat pandangan orang berubah terhadap Facebook,” (Robert Baird & Co, Colin Sebastian, 24 Oktober 2012).

Tidak hanya pendapatan yang meningkat, efek domino terhadap naiknya pamor iklan Facebook juga berdampak pada kenaikan saham perusahaan yang mencapai 13 % atau senilai US$ 21,97 per saham pada perdagangan Selasa lalu (23/10/2012).

Facebook pernah terpuruk hingga lebih dari 40 Miliar Dolar Amerika akibat minimnya pendapatan dari advertising mobile yang berdampak pada kurangnya kepercayaan investor. Sebab, mayoritas pengguna Facebook yang aktif kebanyakan dari ponsel yang mereka miliki dan ini tentu saja menyulitkan Advertiser.

Nilai lonjakan pendapatan dari iklan sebesar US$ 1,09 miliar atau naik 28% dari kuartal sebelumnya. Sedangkan dari bisnis lainnya, Facebook berhasil meraih US$ 176.000.000,-.

Mark Zuckerberg (28 tahun) yang menciptakan Facebook di kamar asramanya saat ia sedang menempuh pendidikan di Universitas Harvard. Hingga 30 September 2012, tercatat lebih dari 1 miliar orang sudah terdaftar sebagai pengguna Facebook. Dari 1 miliar tersebut, 604 juta orang mengakses Facebook melalui ponsel mereka.

Mudah-mudahan, dengan banyaknya iklan, tidak membuat akses terhadap Facebook melambat.

-Berbagi Tidak Pernah Rugi-