Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Tips SEO 2010 dari Pemula untuk Pemula

Halo. Apakabar Anda? Anda harus menjawab “Alhamdulillah, Luarbiasa, Allahu Akbar!” ๐Ÿ™‚ . Kali ini Saya โ€“yang pemula dalam hal SEO- ingin berbagi informasi tentang beberapa tips SEO sederhana khusus untuk pemula. Istilah singkatnya sih, “dari pemula untuk pemula” ๐Ÿ˜€ Jadi, yang sudah Master SEO bisa mengacuhkan atau ikut memberi saran ๐Ÿ˜‰

Siap? Sebelumnya, tulisan ini bukan tips “langsung”, namun berupa tips “tidak langsung”. Maksudnya, informasi yang nanti akan diberikan merupakan “panduan” untuk mendapatkan “panduan belajar SEO” yang sebenarnya. Bingung? SAMA! Saya juga =))

Tips SEO 2010

Ok. Langsung saja. Tampaknya Google “sedikit” merubah algoritima mereka (ini hanya prasangka Saya ๐Ÿ˜› ). Dari pada Anda-Anda termakan rumor atau isu bahwa “untuk berada di halaman satu google, harus begini; harus begitu“, mending kita memahami arti SEO sesungguhnya dari si Om Google.

Langkah pertama, pahami dengan benar dasar-dasar SEO. Untuk itu, Saya menyarankan agar para pemula membaca panduan resmi SEO dari google.

Atau, jika Anda seorang pemalas lebih menyukai panduan berupa video, bisa Anda lihat video berikut:

Jika sudah, silakan lagi Anda melihat-lihat kasus-kasus atau pun pertanyaan-pertanyaan penting dari para WebMaster mengenai SEO di sini.

Langkah kedua, pelajari secara detail seluk-beluk SEO pada google. Saya menyarankan Anda untuk kembali membaca (ingat, membaca merupakan sumber utama orang yang ingin “bisa” disamping praktek ๐Ÿ˜€ ) beberapa topik yang ada di sini. Misalnya Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang proses dan cara peng-index-an oleh google atau informasi mengenai “apa sih Link itu?” Silakan. Anda bebas mencari informasi di sana ๐Ÿ˜‰

Langkah ketiga, verivikasi website/blog Anda. Google memiliki layanan yang disebut Google Webmaster Tools yang di dalamnya terdapat berbagai macam tools untuk membantu Anda menganalisa website/blog Anda. Langkah pertama, Anda harus mendaftarkan website/blog Anda ke sana. Dengan begitu, Google akan semakin “akrab” dengan isi dari website/blog Anda karena google “kenal” siapa si pemilik website/blog tersebut. Kalau google tidak kenal, maka google menerapkan prinsip “Tak Kenal maka Tak Sayang”; bukankah tujuan belajar SEO agar website/blog kita disayang Google? :))

Proses verifikasi kepemilikan suatu website/blog memang bisa terbilang “rumit”. Tapi, sekali lagi, rajin-rajinlah membaca. Untuk itu, Saya sarankan untuk membaca tata-cara di forum webmaster google ๐Ÿ™‚

Setelah Anda berhasil memverivikasi, Anda bisa melakukan analisa terhadap crawl errors atau messages from Google about your site. Kalau perlu, lihat juga “hal-hal apa saja yang harus Anda perhatikan” di dalam Webmaster Tools Checklist agar website/blog Anda termasuk kategori “baik” di mata google ๐Ÿ˜‰

Langkah keempat, teliti sebelum bertindak. Maksudnya, jika semua langkah di atas telah Anda lakukan, kemudian “secara tidak sengaja” Anda membaca salah satu artikel terkait SEO yang sebenarnya hanya isu “menyesatkan”, Anda harus teliti sebelum bertindak; sebelum Anda mengikuti “ajaran sesat” tentang SEO.

Saya menyarankan agar Anda mencari topik terkait di Help Center atau di Webmaster Forum atau mungkin bertanya di Komunitas Webmaster Google.

Nah bagaimana? Google memang tidak menjelaskan secara rinci bagaimana “pola” mereka menentukan posisi pertama dalam search engine mereka. Namun, google juga tidak lepas tangan. Intinya, konten website/blog yang baik adalah yang bermanfaat dan sesuai guideline yang disarankan Google.

Ok. Selamat belajar. Jika sudah menjadi master SEO, ajarin kita-kita juga ya. CMIIW ๐Ÿ™‚