Cara Beriklan di Internet

Cara Beriklan di Internet? tanya seorang sahabat yang memiliki usaha jual-beli batik murah. Sepintas pertanyaannya cukup sederhana. Tapi, bagaimana sih Iklan Internet Murah Efektif Berkualitas Indonesia?

Ok. Biar lebih mudah, akan Saya sajikan percakapan dengan sobat saya tersebut, tentang cara beriklan di internet yang tertarget jelas. Check this out:

Bang, gimana sih cara beriklan di internet?

Pertama, sobat musti punya website atau blog tentang usahanya. Nah, berhubung sobat udah punya website tentang informasi sekaligus toko online batik murah, maka langkah pertama bisa kita lewati. Selanjutnya, sobat harus pandai menentukan target pengunjung.

Loh? Koq pengunjung? Kenapa bukan pembeli?

Begini sob, logikanya, jika ada pengunjung datang, sebagian hanya mencari informasi, sebagian lagi memang bermaksud membeli. Nah, jika web/blog sampeyan memiliki kedua konten yang dicari (dalam hal ini informasi batik murah dan toko online batik murah), maka konversi kemungkinan pengunjung menjadi pembeli semakin besar.

Waduh! Apa pula itu konversi?

Konversi merupakan perbandingan pengunjung yang berubah menjadi pembeli. Untuk merubah pengunjung menjadi pembeli diperlukan kepercayaan dan simpati terhadap web/blog sampeyan. Cara mendapatkan kepercayaan, tentunya web/blog sampeyan harus memiliki alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sedangkan cara untuk mendapatkan simpati dari pengunjung, salah satunya dengan memberi mereka informasi seperti Tips Memilih Batik Berkualitas dll. Jika informasi yang Anda berikan bermanfaat, mereka akan semakin sering mengunjungi web/blog sampeyan. Ini dapat meningkatkan konversi ๐Ÿ™‚

Apa dengan begitu, produk Saya bisa laku?

Wah, rezeki bukan ane yang ngatur sob. Namun, setidaknya kita sudah berusaha semaksimal mungkin. Nah, kembali ke pertanyaan Cara Beriklan di Internet. Mengapa Saya memaparkan tentang pengunjung, pembeli dan konversinya? Ini terkait strategi beriklan di Internet.

Wah.. Udah mulai seru nih. Trus Bang?

Nah, saat ini, yang paling banyak diminati adalah iklan jenis Pay Per Click (PPC) dan Pay Per Post (PPP). PPC artinya, Anda -sebagai pemilik web- hanya akan membayar jika ada yang mengklik iklan Anda. Sedang PPP berarti Anda hanya akan membayar jika ada seseorang yang mereview/mengulas tentang usaha Anda.

Lantas? Ke mana Saya mengadu? Maksud Saya, di mana Saya bisa menemukan orang yang mau memasang iklan Saya?

Kalau begitu, semua orang pasti mau sob. Masalahnya adalah, sampeyan harus selektif dalam memilih “tempat” sampeyan beriklan.

Selektif? Caranya?

Di Indonesia saat ini, pertumbuhan blogger bak jamur di musim hujan. Ini merupakan potensi bagus untuk perkembangan Internet Marketing…

Tunggu.. tunggu.. Blogger? Maksud Abang, nanti web/blog Saya dipromosikan oleh para blogger? Saya kan nggak kenal jutaan blogger di Indonesia.. Piye carane bang?

Nah, makanya, selesaikan Saya bicara dulu ๐Ÿ˜› . Betul sekali. Seperti yang Saya bilang barusan, banyaknya blogger merupakan potensi promosi yang sangat bagus. Bayangkan jika sampeyan menemukan blogger yang pembacanya mencapai 1000 orang/hari. Jika Anda beriklan di sana, tentu dalam waktu singkat 1000 orang akan mengetahui usaha Anda pula. Inilah kelebihan beriklan di Internet. Nggak mengenal ruang dan waktu. Meski Anda di Jogja, produk Anda akan terkenal seantero Tanah Air ๐Ÿ˜‰ . Udah banyak koq jasa advertising/periklanan yang menyediakan “wadah” agar advertiser (seperti sampeyan) dan publisher (blogger) bertemu.

Oh.. Saya kira, saya harus kenalan dulu satu-satu. Lantas? Apa aja “wadah” tersebut?

Ada banyak sob. Ada yang namanya Adwords (punya Google nih), Facebook Advertising (tentu saja punya Facebook) dan lain-lain. Cuman, yang paling populer cuma dua itu.

Wah.. Sepertinya ribet ya bang? Secara saya nggak ngerti-ngerti betul bahasa Inggris.

TEPAT! Menurut saya, permasalahan yang paling mendasar dalam beriklan di internet adalah masalah komunikasi. Untuk itu, lebih baik menggunakan “wadah” yang juga berasal dari Indonesia, yakni IdBlogNetwork.

Cara Beriklan di Internet dengan IdBlogNetwork

IdBlogNetwork?

Cara Beriklan di Internet dengan IdBlogNetwork

Benar. IdBlogNetwork merupakan suatu media beriklan –yang melibatkan blogger-blogger indonesia– untuk membantu penyebaran (spread marketing campaign) dengan cara pemasangan banner (PPC) dan penulisan review / testimonial (PPP).

Hm… Jadi, nanti Saya akan mendaftar sebagai advertiser di IdBlogNetwork, kemudian nanti iklan/banner Saya akan ditempatkan di blog yang berada di jaringan mereka?

Betul sekali. Tidak hanya itu, Anda bisa bebas memilih blog mana saja yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan Anda. Asyik bukan?

Waah.. Jadi Saya bisa memilih blog yang akan menampilkan iklan Saya? Mantab sekali.. Ayo Bang Jim (panggilan sehari-hari Saya), kita ke kantor IdBlogNetwork.

Loh? Ngapain? Untuk mendaftar, Anda hanya perlu mengirimkan proposal ke marketing@idblognetwork.com.

Wah. Ok sob! Ane nyusun proposal dulu ๐Ÿ™‚ Thanks berat yah. Nih, batik model baru. Hitung-hitung sebagai ucapan terimakasih Saya kepada Anda yang sudah panjang lebar menjelaskan.

Waah.. nggak perlu repot-repot. Loh? Koq batiknya cuma satu? =))

??????????!!!!!!!!! #$%$#$%&** โ—

Nah, begitulah percakapan Saya dengan seoarang sahabat di seputaran Jogja. Intinya, cara beriklan di internet yang tepat dan efisien adalah dengan cara menentukan target pengunjung (pembeli) seperti umur, pekerjaan, latar belakang dll serta pemilihan program periklanan yang tepat. Kalau target Anda Indonesia, ngapain repot-repot mengeluarkan ratusan dollar untuk beriklan dengan Adwords atau Facebook? Lebih baik menggunakan program periklanan karya anak bangsa. Target jelas. Iklan Anda ga bakal muncul disitus-situs yang ga jelas. Anda pun bisa memilih blog mana yang Anda inginkan untuk iklan Anda. Langkah ini juga akan semakin menguatkan dunia internet marketing di Indonesia ๐Ÿ™‚ . Dukung Produk Lokal! Sekian tulisan mengenai Cara Beriklan di Internet.

38 komentar pada “Cara Beriklan di Internet

  1. klo untuk beriklan di addwords dan facebook lumayan mahal sob ,saya blm berani nyoba ,tapi untuk IdBlogNetwork saya malah baru dengar nich sob,blh juga nih di selidik lebih dalam,siapa tau bea iklan nya terjangkau.ok tq infonya

  2. hebat… ini benar2 hebat…
    mengundang banyak pertanyaan buat saya selaku
    orang baru di dunia maya… ๐Ÿ™
    knp kita mesti mengajukan proposal segala macam ke
    idblognetwork.com??? mereka itu bukan seperti
    blogsvertise dan kawan2 PTR lainnya yah??? maklumlah ๐Ÿ™

    1. Kalau Anda sebagai advertiser, Anda harus menghubungi dulu pihak IdBlogNetwork. Proposal bisa Anda siapkan hanya untuk mengantisipasi terkait dana yang Anda miliki.
      Biasanya kan perusahaan-perusahaan akan mengestimasi biaya promosi/beriklan yang keluar. Terus, nanti ada pertanggungjawabannya. Nah, nanti proposal tersebut juga menjadi salah satu data.
      Tidak wajib memang proposal ini. Namun, saran Saya, silakan hubungi dulu pihak IdBlogNetwork ๐Ÿ™‚

      IdBlogNetwork memang mirip dengan PTR lain. Jika Anda blogger yang ingin mendaftar, tentu ga perlu pake proposal segala. Kan ceritanya yang di atas adalah seorang pengusaha batik yang ingin berpromosi/beriklan di internet. Kalau sebagai publisher, ga perlu. Tinggal daftar aja.

    1. hm.. apa ya? kayaknya musti riset pasar dulu bro.. saat ini apa yang susah ditemukan di BJM atau barang yang cuma ada di BJM (sehingga bisa dijual ke luar BJM via internet). Udah lama ane ga ke BJM.. Jadi ga tahu kondisi pasar di sana ๐Ÿ˜ณ

  3. kalo beriklan jadi sponsored link itu caranya gimana ya? mohon jawabannya dikirim ke email ya (hey_slams@yahoo.com).terimakasih sebelumnya

    1. โ— Wooow ๐Ÿ˜ฎ sekali lagi wooow โ— Sebelumnya, saya sangat berterimakasih Bang Jauhari mau mampir di blog sederhana milik Saya.

      Benar sekali bang.. di Bisnis apapun, kalau ingin survive, harus kreatif ๐Ÿ™‚

    1. Mungkin jika program PPC (dan dana Anda banyak) bisa saja menggunakan facebook. Namun, jika ingin review berkualitas dari kalangan blogger [yang telah diseleksi ketat berdasarkan traffic (via google analytic) dan berdasarkan tema (niche)], mungkin IdBlogNetwork yang terbaik saat ini ๐Ÿ™‚

  4. Tapi bagi saya beriklan di Facebook itu adalah pilihan beriklan terbaik, meskipun mahal tapi sangat pasarnya cukup akurat.

  5. Kalo Saya metodenya lain lagi. Misal Saya punya produk namanya obat miskin. Nah, tinggal ketik di Google "obat miskin", lalu Saya kontak pemilik blog urutan wahid dengan keyword tsb, dan pasang iklan di blog tersebut. Lebih tertarget kan ?

Comments are closed.