Cara Memasang Form Komentar Google+

Terus terang, sewaktu Blogger (blogspot.com) mengumumkan akan mengintegrasikan form komentar Google Plus (Google+ a.k.a G+), saya iri berat. Saya pengguna setia platform WordPress tentu mendambakan hal yang sama (setidaknya untuk beberapa halaman “tertentu”). Mengapa harus iri? Dengan adanya kotak komentar Google+, hal ini akan berdampak pada meningkatnya fisibilitas blog kita karena saat seseorang memberi komentar dengan akun G+ nya, secara tidak langsung sama saja dengan membagikan (share) melalui jejaring sosial Google Plus.

Cara Memasang Komentar Google+
Cara Memasang Komentar Google+

Lantas? Seperti diketahui bersama, salah satu faktor SEO yang penting di tahun 2013 ini adalah “kekuatan” di jejaring sosial. Semakin banyak yang memberi komentar, semakin banyak pula G+ yang kita dapat. Hasilnya akan meningkatkan “reputasi” blog kita/tulisan kita di mata mesin pencari Google.

Secara “resmi”, Google+ Comment System ini hanya tersedia untuk blogspot dan Google pun -sejauh yang saya ketahui- tidak memberikan informasi lebih lanjut apakah akan hadir di platform blog lain. Akan tetapi, ternyata ada metode yang bisa digunakan dalam mengimplementasikan form komentar Google+ ke WordPress atau ke halaman web apapun. Bahkan metode pemasangan form komentar ini terbilang mudah. Seperti apakah Cara Memasang Form Komentar Google+ yang mudah di semua platform?

Yang harus Anda lakukan hanya menambahkan “sedikit” kode di blog Anda agar komentar G+ bisa muncul. Anda pun bisa memilih, mau versi HTML atau HTML5. Tersedia pula beberapa pengaturan sederhana. Sudah tidak sabar?

Memasang Komentar Google+ di Blogspot

  1. Masuk/Login ke Dashboard Blogger.
  2. Klik tab Google+ di menu sidebar sebelah kiri.
  3. Beri tanda centang pada opsi “Use Google+ Comments”.

Blog di Blogspot Anda sekarang sudah mengimplementasikan Google+ Comments 😉

Agar bisa menggunakan fitur ini di blogspot, Anda harus memiliki akun G+ yang sudah terhubung ke blogspot milik Anda dan juga, form komentar terdahulu haruslah form komentar standar blogspot. Jika sudah dirubah ke discuss atau intense debate, dapat dipastikan kotak komentar G+ tidak akan bisa tampil secara default.

Memasang Komentar Google+ di WordPress / di platform lain

1. Buka domain/wp-admin/theme-editor.php. Letakan kode di bawah ini di tempat yang Anda inginkan. Misalnya setelah tulisan.

Jangan lupa untuk menganti [URL] dengan URL halaman web atau blog Anda. Kalau WordPress, ganti menjadi <?php the_permalink(); ?>. Jika platform lain, sesuaikan dengan URL di mana komentar tersebut akan muncul.

HTML Version

<script src="https://apis.google.com/js/plusone.js">
</script>
<g:comments
href="[URL]"
width="642"
first_party_property="BLOGGER"
view_type="FILTERED_POSTMOD">
</g:comments>

HTML5 Version

<script src="https://apis.google.com/js/plusone.js">
</script>
<div
data-href="[URL]"
data-width="642"
data-first_party_property="BLOGGER"
data-view_type="FILTERED_POSTMOD">
</div>

2. Jika Anda ingin menampilkan jumlah komentar, tambahkan kode berikut ini:

HTML Version – Ganti <g:comments> dengan kode:

<g:commentcount href="[URL]"></g:commentcount>

HTML5 Version – Ganti <g:comments> dengan kode:

<div data-href="[URL]"></div>

Sekali lagi, di mana pun Anda meletakkannya, PASTIKAN Anda telah memverifikasi Google Authorship di web/blog yang Anda gunakan.

Nah, jika Anda ingin komentar Google+ tampil dinamis, gunakan kode berikut ini:

Dynamic Google+ Comments

<div id="comments"></div>
<script>
gapi.comments.render('comments', {
href: window.location,
width: '624',
first_party_property: 'BLOGGER',
view_type: 'FILTERED_POSTMOD'
});
</script>

Dynamic Google+ Comments Counter

<div id="commentscounter"></div>
<script>
gapi.commentcount.render('commentscounter', {
href: window.location
});
</script>

Sebagai contoh, silakan melihat ke halaman Singgasana Hotels & Resorts pilihan akomodasi terbaik di Indonesia (saya memasangnya di sana; yang di sini menggunakan form standar wordpress + fitur commentluv). Yuk dipraktekkan 😉

-Berbagi Tidak Pernah Rugi-

18 komentar pada “Cara Memasang Form Komentar Google+

    1. Ada benarnya pendapat Anda sob, seandainya Google lebih terbuka, mungkin bisa saja digabungkan keduanya, jadi komentar tersimpan ke blog dan social media sekaligus.. Sayangnya API google belum mengizinkan “write”, hanya “read” saja.

      Solusinya memang menempatkan 2 buah form (G+ dan default). Tapi, jika ingin banyak G+, berarti harus “merelakan” komentar muncul di socmed (yang efeknya meningkatkan visibilitas di mesin pencari) 😉

      IMHO
      Yuk, lihat tulisan Jimmy Ahyari di Telkomsel Flash, Serunya Ga Habis-HabisMy Profile

      Reply
  1. Sejauh ini saya belum menggunakan form komentar Google plus. Saat ini saya menggunakan form komentar facebook dan form komentar default dari WP. Menurut saya Google plus belum sepopuler Facebook di Indonesia, jadi penggunanya masih kalangan terntentu saja, misalnya bloger, pebisnis online, perusahaan, dan lain-lain. Tapi orang awam masih lebih banyak menggunakan Facebook. Ini menurut saya 🙂
    Yuk, lihat tulisan Max Manroe di Sebenarnya, Apa Itu Internet Marketing?My Profile

    Reply
    1. Benar sekali pendapat Anda MaxManroe. Kami pikir, jika menerapkan form G+ comment, maka konten yang kita tulis adalah yang target pengunjungnya adalah pencari informasi seputar dunia blog dan seperti yang Anda sebutkan (bisa internet marketing dan hal lain yang kemungkinan si pengunjung juga memiliki akun G+).

      Namun, untuk niche tertentu -yang sasarannya orang awam-, tentu form komentar facebook yang terbaik (di salah satu blog saya yang lain juga menggunakannya sebagai “buzzing” di social media 😀

      Terimakasih komentarnya sob 🙂
      Yuk, lihat tulisan Jimmy Ahyari di Nokia Lumia 520 terasa lebih lengkap Dengan Flash Optima dari simPATIMy Profile

      Reply
  2. Saya sudah memasang Google plus comment di blog WP saya berkat tutorial ini.. Hanya saya yang agak saya bingung, bagaimana dengan notifikasinya yah ? Apakah setiap ada komentar, maka notifikasi akan langsung masuk kedalam akun kita ?

    Reply
  3. baru kemarin saya aktifkan komentar g+ di blog saya. karena di beberapa artikel komentarnya sudah banyak dan membuat lading halaman menjadi berat. setelah saya ganti dengan komentar g+, sedikit mengurangi beban loadingnya. tapi permasalahan lain muncul, kalau ada yg komen, ga ada pemberitahuannya di email seperti dulu. apa ada kode yang kurang ya ?

    Reply
    1. Sependek yang saya ketahui, komentar FB memungkinkan untuk “viral” jika si pemberi komentar menconteng “post to facebook” ketika memberi komentar.
      G+ sebenarnya juga bisa viral, tapi tidak seramai FB. Hanya saja, beberapa berpendapat dengan memasang komentar form google plus, maka setiap yang memberi komen akan meningkatkan +1 artikel tersebut. Signal ini -salah satunya- yang “katanya” mampu meningkatkan matrik SEO.

      Reply

Post Comment

CommentLuv badge