Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

KeyWords Meta Tag: Useless!

Seperti diketahui bersama, selama 1 dekade terakhir, keberadaan KeyWords atau Kata Kunci dalam Meta Tag merupakan syarat mutlak dalam proses peng-index-an yang lebih baik bahkan juga berpengaruh terhadap SERP (Search Engine Result Position). Akan tetapi, hal ini terbantahkan saat Matt Cutts (Search Quality Team-nya Om Google) memberikan sebuah pernyataan. Apa isi pernyataan itu?

Terhitung sejak September 2009, pihak Google tidak menggunakan KeyWords Meta Tag lagi dalam menentukan Peringkat dalam Hasil Pencarian. Perhatikan Tanya-Jawab berikut:

Tanya (T): Apakah google pernah menggunakan KeyWords Meta Tag dalam menentukan peringkat (SERP)?

Jawab (J): Tidak. Akan tetapi google memiliki kemampuan dalam menganalisa dan mencocokkan setiap keywords dalam meta tag.

T: Mengapa Google tidak menggunakan KeyWords Meta Tag?

J: Beberapa tahun yang lalu, search engine menilai sebuah halaman web hanya berdasarkan isi dari web tersebut. Namun, saat ini, banyak para webmaster yang menggunakan meta tag dalam mencapai hasil yang tidak relevan dengan situs mereka. Karena meta tag sangat “menganggu” hasil pencarian, maka google mengambil kesepakatan untuk tidak menggunakan keyword meta tag.

T: Apakah ini merarti google mengabaikan SEMUA meta tag?

J: Tidak. Google masih menggunakan beberapa meta tag. Sebagai contoh, google menggunakan “description” Meta Tag sebagai teks untuk ringkasan dalam hasil pencarian. Akan tetapi, pihak google tetap tidak menggunakan description sebagai acuan dalam menentukan SERP.

T: Apakah ini artinya bahwa google akan selalu mengabaikan keywords meta tag?

J: Mungkin saja suatu saat dikemudian hari pihak google akan menggunakannya, tetapi sampai saat ini, google telah “mengabaikan” keywords meta tag ini selama setahun dan semua tampak baik-baik saja.

Nah, apa yang bisa Anda simpulkan? Apakah Keywords Meta Tag atau Kata kunci dalam meta tag tidak diperhitungkan google? Lantas, apa yang membuat google bisa memberikan SERP atau peringkat dalam  Mengembalikan Jati Diri Bangsa setiap hasil pencarian? Atau jangan-jangan, para karyawan google membaca satu-per-satu halaman web yang berjumlah miliaran untuk mengetahui relevansinya? =))

Mudah-mudahan ada Master SEO yang singgah dan membaca blog dummy Saya dan bisa menjelaskan pertanyaan di paragraf atas 😀

5 Comments
  1. Khairuddin syach says

    Itu akibat webmaster banyak menggunakan keyword yang tidak relevan dengan konten situs. Akhirnya gitu dech. Kita masih bs bersyukur Jim, tags cloud itu bisa meningkatkan inboundlink. Setidaknya itulah yang terjadi thd blog guremku itu Jim. Ada lagi kegunaan keyword Jim?
    .-= Khairuddin syach´s last blog ..Objek Wisata Pandeglang-Pantai Carita =-.

    iya.. tapi terkadang Saya masih binggung tentang meta tags.. mungkin nanti belajar sama om khai aja 🙂

  2. MediaQu.com says

    kalo serp bisa di vote ky digg, bagus juga tuh, berdasarkan kepuasan pengguna gugel

    BENAR sekali. Pasti perusahaan SEO bakal tutup 😛

  3. soulharmony says

    untuk ikut kopdar besok silakan hubungi saya di 085351534313/0511-7718393, SEGERA

    chandra

    Insyallah.. Makasih info dan bantuannya

  4. hafiid says

    Waduh, modar… kasih tanggapan apa?… lha wong aku nemu blog ini karna aku lagi nyari deskripsi meta… apa sih sebenarnya meta itu, karna di seo selalu disinggung-singgung…

    Mohon maklum, nyubi is here in search of excellence… 🙂
    Terima kasih banyak mas Jimmy :-bd m/ m/

    Mungkin dulu, meta sangat penting. Sekarang? Entahlah.. yang pasti meta description berguna buat yang nyari informasi. Kalau di google, biasanya kan ada beberapa kalimat setelah judul yang muncul dalam pencarian, nah, beberapa kalimat itulah yang disebut meta description 😉

Comments are closed.