Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Blog Butut; Bukan Blog SAMPAH!

Saya pribadi memang sering menyebut blog saya ini sebagai Blog Butut. Saya tidak mengejek; hanya saja, blog ini tidak memiliki desain yang “wah”. Dengan latar belakang putih polos, tanpa pernak-pernik dan sidebar yang terletak di sebelah kanan, tidak ada yang spesial memang.

Dan ternyata, jutaan pengunjung datang (kebanyakan) hanya ingin mencari backlink, mengingat blog butut ini menganut paham dofollow. Ditambah lagi dengan Inner Page yang juga memiliki PageRank lumayan, komplit lah sudah blog ini menjadi “sasaran” para pemburu backlink “kampungan”. Blog Butut; Bukan Blog SAMPAH!Saya juga membuat Terms of Service atau ketentuan-ketentuan yang terkait dengan keberadaan blog butut ini.

Di sana sudah jelas tertulis bahwa:

Baca juga:
  1. WAJIB mencantumkan nama. NO KEYWORD on name form
  2. Tidak mencantumkan link dalam komentar, jika terpaksa, gunakan hxxp://blablabla.com/dst
  3. dst…

Yang terjadi? Hampir 90% pengunjung yang memberikan komentar selalu “menamakan” diri mereka nama yang bukan Nama Manusia, seperti: Pembalut dst, Obat dst, Tas Wanita dst, sampai-sampai situs milik pemerintah ataupun universitas ikut-ikutan (mungkin mereka menggunakan jasa SEO untuk meningkatkan popularitas di Search Engine).

Teringat tulisan Tomi Purba di Semi Dofollow Blog, yang mana mengatakan semakin maraknya para junker dan spammer yang memberi komentar “asal komen”.

Nice info, Artikel yang menarik, Thanks gan, dll sudah menjadi makanan sehari-hari blog butut ini. Awalnya saya memaklumi, lama-lama, jengkel juga. Kalau semua komen di approve, blog butut ini benar-benar akan menjadi blog sampah!

Saya mengikuti kontes SEO sejak tahun 2008, tidak pernah terbesit untuk nyepam di blog negeri sendiri. Saya sih malu kalau harus memberi komentar yang tidak relevan atau asal komen di blog orang lain, terlebih milik teman sebangsa dan setanah air.

Bagaimana Anda ingin membangun image toko online Anda kalau cara mempromosikannya saja Anda tidak bisa?

Well, bagaimanapun, itu Hak Anda untuk menulis komentar. Dan Hak saya juga untuk tidak meng-approve-nya. Jadi, agar Anda mendapatkan backlink dari blog butut ini, buatlah komentar yang relevan dengan NAMA ASLI Anda.

Mulai saat ini, semua komentar yang masuk menggunakan bukan nama asli, tidak akan saya approve. Saya menganut paham dofollow karena ingin berterimakasih atas kunjungan kawan-kawan sekalian. Saya juga menyertakan commentluv agar Anda bisa menampilkan tulisan Anda dengan rapi. Saya memang tidak bisa membalas satu per satu komentar yang masuk, maka dari itu saya memberikan Anda “hadiah” sebuah link (malah 2 buah jika Anda menggunakan Comment Luv) yang bisa diindex oleh Google.

Jika ada salah-salah kata, atau ada yang tersinggung, saya mohon Maaf. Bukankah setiap pemilik rumah ingin rumahnya bersih?

Anda Sopan, Kami Segan. Anda Nyepam, I’m Sorry Good Bye 8)